Sejarah Suku Bangka Di Sumatera

Suku Dunia ~ Orang Bangka adalah suku bangsa yang memperlihatkan ciri kehidupan sosial budaya yang sedikit berbeda dengan kebudayaan para pendatang Melayu dari kepulauan Riau dan semenanjung Malaysia. Selain orang Bangka, yang lebih dulu menetap, di Pulau Bangka banyak pula orang Melayu, Orang Tiongkok (Cina) yang datang pada zaman kesultanan Palembang. Para pendatang tersebut umumnya bekerja di pertambangan timah. Ciri bahasa dan adat istiadat orang Bangka mirip dengan kebudayaan Melayu pada umumnya maka suku bangsa ini sering juga disebut orang Melayu Bangka.

Mata Pencaharian Suku Bangka

Orang Bangka kebanyakan tinggal di bagian selatan Pulau Bangka. Populasinya sekitar 100.000 jiwa. Kebanyakan bekerja sebagai petani tanaman komoditi ekspor, karet, lada, dan kelapa. Sebagian bekerja sebagai nelayan, buruh di tambang timah, tukang kayu, pembuat tembikar, anyam-anyaman dan lain-lain. Bahasa Bangka amat dekat dengan bahaa Melayu. Nama Bangka mungkin berasal dari kata Wangsa, yaitu timah.

Kekerabatan Dalam Suku Bangka

Sistem hubungan kekerabatan masyarakat Melayu Bangka pada dasarnya bilateral. Namun pola menetap sesudah kawin cenderung untuk uksorilokal atau matrilokal, yaitu menetap di lingkungan keluarga asal isteri. Masyarakat ini banyak melakukan upacara-upacara tradisional yang bersifat massal, seperti dalam upacara perkawinan dan upacara membersihkan desa. Sistem kepemimpinan dan pemerintahan tradisionalnya dipengaruhi oleh adat "Simbur Cahaya", yaitu aturan adat yang berkembang pada zaman Kesultanan Palembang.
Baca juga Suku Lainnya Di Sumatera :

Agama Dan Kepercayaan Suku Bangka

Mereka sekarang umumnya memeluk agama Islam.

Kesenian Dalam Suku Bangka

Tarian aslinya yang terkenal adalah tari taber. Kesenian lain adalah seni suara, syair dan pantun di iringi masuk rebana dan gendang.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Bangka Di Sumatera Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Bangka Di Sumatera Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya