loading...

Sejarah Suku Inca Di Benua Amerika

Suku Dunia ~ Suku Inca merupakan sebuah kelompok klen yang asal mulanya mendiami daerah Peru. Menurut legenda, asal-usul suku bangsa Inca berawal dari sekelompok anak dewa matahari, yang berasal dari sebuah gua di sebelah tenggara kota Cuzco.


Bangsa Suku Inca telah mendiami daerah Cuzco sejak kira-kira tahun 1200, tetapi sejak penaklukan oleh kekuasaan Panchacuti dalam tahun 1438, bangsa Inca mulai memperluas wilayahnya dengan menaklukan daerah-daerah sekitarnya. Akhirnya mereka membentuk suatu wilayah kekuasaan besar dan luas yang membentang dari Quito di Utara hingga Chile bagian tengah. Bahasa Inca menyebut wilayah kekuasaannya Tabuantisuyu, artinya daerah yang meliputi empat wilayah. Nama itu menunjukan bahwa seluruh wilayah kekuasaan bangsa Inca terbagi menjadi menjadi empat geografis, yang dibagi menjadi lebih dari 80 propinsi. Penguasa tertinggi berada di tangan seorang pemimpin yang dianggap sebagai wakil dewa matahari.

Ilmu Pengetahuan Suku Inca

Bangsa Inca memiliki ilmu pengetahuan yang maju dan berkembang. Walaupun ilmu pengetahuan yang berkembang di Inca tidak dapat mengungguli perkembangan ilmu pengatahuan di Aztec dan Maya. Dalam bidang Matematika dan Astronomi bangsa Inca tidak dapat mengungguli kemajuan di Aztec dan Maya.

Kesenian Dalam Suku Inca

Bangsa Inca memiliki perkembangan yang pesat dalam bidang kesenian, terutama seni bangunan. Seperti dalam pembuatan tekstil dan keramik, pembangunan benteng-benteng pertahanan, dan jalan-jalan raya yang lebar. Kemajuan bidang seni ini tidak dapat dipisahkan dari kemampuan pemerintah mengatur masyarakat.

Peninggalan Peradaban Suku Inca

  • Moray : adalah sebuah laboratorium pertanian untuk bangsa Inca, yang kemungkinan digunakan untuk mengembangkan varietas yang cocok ditanam di dataran tinggi Andes. Situs ini berupa teras melingkar yang digunakan untuk mempelajari efek berbeda pada iklim yang berbeda pada tanaman, dimana teras terendah dengan suhu terendah kawah terdalam dari Moray adalah 150 meter dan perbedaan suhu antara teras paling bawah dengan yang tertinggi sekitar 15 derajat celcius.
  • Coricanha : merupakan bangunan yang terletak di Cuzco, nama aslinya adalah Inti Kancha (Kuil Matahari) merupakan kuil terpenting buat kerajaan Inca. Dahulunya disebutkan bahwa dinding dan lantai kuil ini dilapisi oleh emas padat, namun sama halnya dengan bangunan-bangunan Inca lainnya mengalami penjarahan oleh para penakluk Spanyol.
  • Isla del Sol atau "Island of the Sun" merupakan sebuah pulau di bagian selatan danau Titicaca, merupakan pulau berbukit dan bebatuan. Menurut legenda suku Inca, Pulau ini adalah daratan yang pertama kali muncul setelah air dari banjir besar mulai surut dan Matahari muncul kembali di pulau untuk menerangi langit. Untuk memperingati putra Matahari suku Inca membangun beberapa ritus pemujaan di pulau tersebut.Diantara banyaknya bekas bangunan peninggalan suku Inca di pulau tersebut adalah Batu Suci dan sebuah bangunan yang mirip dengan labyrinth yang disebut dengan Chicana.
  • Winay Wayna dibangun dipunggung bukit menghadap sungai Urubamba, situs Inca ini terletak diantara jalur yang saling menghubungkan situs Inca, para turis yang hendak ke Machu Pichu dapat melepaskan lelah mereka di Winay Wayna. Situs Winay Wayna ini terbagi atas 2 kompleks yakni rumah atas dan rumah bawah yang dihubungkan oleh struktur tangga berjenjang dan air mancur.
  • Llactapata : Situs ini berada diketinggian 2840, Llactapata berarti "High Town" atau Kota tinggi di daerah Quechua, kemungkinan ini digunakan untuk tempat produksi dan penyimpanan makanan. Llactapata dibakar oleh Manco Inca Yupanqui sebagai taktik bumi hangus setelah mundur dari wilayahnya akibat diserang Spanyol.

Pertanian Suku Inca

Suku Inca tinggal di daerah pegunungan, yang tidak baik untuk pertanian. Untuk mengatasi masalah ini, teras dipotong menjadi lereng curam, yang dikenal sebagai Andenes, dalam rangka untuk menanam tanaman. Mereka juga menggunakan irigasi . Mereka menanam jagung, quino, labu, tomat, kacang tanah, cabai , melon, kapas, dan kentang.

Agama Dan Kepercayaan Suku Inca

Di samping memuja dewa matahari, masyarakat Inca juga melakukan pemujaan terhadap roh para leluhurnya. Pemujaan itu dilakukan dengan suatu upacara yang luar biasa besarnya. Di Kuzko mereka menyimpan mummi dalam bungkusan kain, konon mummi itu adalah para Raja yang memerintah pada zaman Manko Kapak (Inca yang pertama). Mummi tersebut ditempatkan pada sebuah rumah yang megah, seperti istana, sekakan-akan mereka masih hidup secara bergantian dikeluarkan untuk menyaksikan upacara. Anggota keluarga raja yang kurang penting, para bangsawan tinggi dan rakyat yang mampu mengawetkan jenazah keluarganya. Kepercayaan terhadap dewa di Inca tidak memainkan peranan yang meliputi seluruh kehidupan namun kerajaan Inca mempunyai lembaga agama yang mantap sebagai bagian dari pemerintah dan berada di bawah pemerintahan.

Bangsa Inca awalnya mempercayai dewa bernama Viracocha yang diakui sebagai dewa pembentuk, juga dewa badai dan dewa matahari, dikatakan dalam legenda, air mata Viracocha yang jatuh bisa mendatangkan hujan dan dia membawa petir di tangannya dan bermahkotakan matahari. Di beberapa cerita, Viracocha sudah membentuk kehidupan manusia, bumi dan lain-lain dengan lengkap, tetapi ciptaan itu mengecewakan hatinya, sehingga Viracocha menghancurkan semuanya dengan banjir besar, maka suku Inca percaya bahwa mereka adalah anak-anak matahari yang turun dari langit setelah kehancuran terebut. Kepercayaan ini bahkan menorehkan jejak sejarah yang indah, yaitu di lembah Urumba, terdapat gunung suci yang menggambarkan tentang Viracocha.

Referensi Saya :
  • http://refreshingblog.blogspot.com/2012/12/mengenal-suku-inca.html 
  • http://www.lihat.co.id/2013/03/10-peninggalan-suku-inca-yang-paling.html#axzz3BlSF4nNm 
  • http://xehistoryofincas.blogspot.com/2012/03/sejarah-peradaban-suku-inka.html
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Inca Di Benua Amerika Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Inca Di Benua Amerika Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya