loading...

Ensiklopedia Suku-Suku Di Pedalaman Papua

Suku Gressi

Suku bangsa Gressi atau Gressik berdiam di sebelah barat Danau Sentani, Kecamatan Kemtuk Gressi, Kota Jayapura, Papua. Desa-desa mereka yaitu Hawe, Dekening, Demokau, Bring, Tabangwari dan Sekori. Jumlah populasinya sekitar 2.500 jiwa.

Suku Inanwatan

Suku bangsa ini berdiam di daerah Kepala Burung, tepatnya di dalam wilayah Kecamatan Inanwatan, Kabupaten Sorong, Papua. Bahasa Inanwatan disebut juga bahasa Suabo. Jumlah penutur bahasa ini sekitar 1.100 orang. Kebudayaan Inanwatan, seperti umumnya suku-suku bangsa yang berdiam di daerah Kepala Burung itu ditandai oleh tradisi pertukaran kain timur. Tradisi ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, mulai dari aspek ekonomi, sosial, sampai sistem kepercayaan. Kain timur yang berasal dari luar Papua itu digunakan sebagai maskawin dan sebagai simbol status.

Suku Irahutu

Orang Irahutu atau Irarutu mendiami bagian timur semenanjung Bomberai, di Kepala Burung Papua, mulai dari sebelah barat daya di Teluk Arguni sampai ke utara ke Teluk Bintuni. Pemukiman mereka tersebar di 40 buah desa dengan jumlah populasi sekitar 4.000 jiwa. Bahasanya termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia. Daerah mereka sendiri berada dalam wilayah Kecamatan Babo, Kabupaten Manokwari.

Suku Isirawa

Bahasa orang Isirawa atau Okwasar termasuk dalam kelompok bahasa Papua. Suku bangsa ini berdiam di pantai utara Papua, diantara Sarmi dan Sungai Apawar di sebelah barat Arbais. Wilayah suku bangsa ini termasuk dalam kecamatan Sarmi dan Kecamatan Apawar.

Suku Jinak

Suku bangsa Jinak atau Zinak, mendiami Kecamatan Citak-Mitak bagian utara, yaitu di pedalaman dari arah pantai selatan Papua Barat. Di sebelah baratnya adalah wilayah suku bangsa Asmat. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kabupaten Merauke.

Suku Joerat

Joerat adalah salah satu sub suku bangsa dari kelompok besar suku bangsa Asmat yang mendiami daerah pesisir selatan Papua Barat, yaitu di Kecamatan Sawa-Erma dan Agats di Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Suku Kaigir

Orang Kaigir mendiami daerah pesisir selatan Papua Barat, yaitu di sebelah timur wilayah orang Asmat, dekat Pirimapun, dan dekat wilayah orang Atogoim dan Sawi. Daerah mereka berada dalam wilayah Kecamatan Pantai Kasuari (Pirimapun), Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Jumlah populasinya sekitar 7.500 jiwa. Desa-desa mereka antara lain Kawem, Amian, Amegas, Amkum, Amsume, Amkai, Gagare, Ayru, Wagesu, Amaru.

Suku Kaimo

Kaimo adalah salah satu sub suku bangsa dari kelompok besar suku bangsa Asmat. Mereka mendiami beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Pantai Kasuari, Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Suku Kanum

Orang Kanum berdiam di daerah pesisir Papua Barat bagian selatan, dekat ke perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, jadi di sebelah timur kota Merauke. Daerah mereka berada dalam wilayah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat.

Suku Kapaur

Suku bangsa Kapaur yang sering pula disebut orang Iha ini mendiami daerah paling ujung utara semenanjung Bomberai, yaitu di muka Teluk Berau, Kabupaten Fakfak, Papua. Di sebelah selatannya berdiam orang Baham. Jumlah populasinya sekitar 6.000 jiwa.

Suku Kapauri

Orang Kapauri mendiami desa Pagai yang terletak di sebelah utara daerah aliran Sungai Idenburg (Sungai Taritatu) bagian hulu. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Kaureh, di Jayapura.

Suku Kemtuk

Suku bangsa Kemtuk atau Kemtuik mendiami daerah dataran rendah Nimboran sebelah timur, kira-kira di barat daya Danau Sentani, yaitu di antara Sungai Nimbu dan Sungai Grime. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Kemtuk-Gresi dan Kecamatan Nimboran. Jumlah populasinya sekitar 2.500 jiwa, mendiami desa-desa Mamdayan, Meikari, Merem, Yenem, Brasso, Aip dan Sawiro, di Jayapura, Provinsi Papua.

Suku Kerom

Kerom adalah suku bangsa berbahasa Waris yang mendiami Kecamatan Waris, Arso, Senggi dan Ubrub di dekat perbatasan Indonesia dan Papua Nugini.

Suku Ketengban

Orang Ketengban atau Oktengban mendiami daerah Pegunungan Jayawijaya sebelah timur. Di sebelah timur Nalca tidak jauh dari perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Jumlah populasinya sekitar 7.000 jiwa.

Suku Koiwai

Orang Koiwai atau Namatote mendiami daerah pesisir selatan Papua, yaitu bagian selatan leher Burung Irian, tepatnya dari sebelah barat laut di Kaimana terus ke tenggara ke Maimai. Sebagian lagi mendiami Pulau Namatote dan Pulau-Pulau kecil lain di Teluk Kamrau.

Suku Koneraw

Suku bangsa ini berdiam di bagian selatan Pulau Kolepom (Pulau Yos Sudarso), di sebelah barat kota Merauke, dalam wilayah Kecamatan Kimam, Kabupaten Merauke

Suku Korapun

Orang Korapun mendiami daerah dataran tinggi di Pegunungan Jayawijaya bagian timur, yaitu desa-desa Korapun, Sela, dan Dagi. Pemukiman mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya.

Suku Mander

Suku bangsa yang hidup secara nomaden ini berdiam di sekitar hulu sungai Tor dan Sungai Bu, di wilayah pesisir utara Papua. Daerah pemukiman mereka berada dalam wilayah kecamatan Pantai Timur dan Tor Atas, yaitu di sebelah timur wilayah orang Berik. Populasinya sekitar 30 jiwa.

Referensi : Depdikbud 1989
Kamu sedang membaca artikel tentang Ensiklopedia Suku-Suku Di Pedalaman Papua Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ensiklopedia Suku-Suku Di Pedalaman Papua Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya