Ragam Suku Di Pulau Papua

Suku Manem

Orang Manem mendiami Papua Barat bagian timur laut, dekat daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, di sebelah selatan kota Jayapura. Desa-desa mereka adalah Yeti, Wembi, Kibai, Uskuar, Griku, Skotiaho dan Skofro, dalam wilayah Kecamatan Arso. Jumlah populasinya sekitar 500 jiwa.

Suku Manikion

Suku bangsa ini mendiami daerah Kepala Burung Pulau Irian, di sebelah selatan kota Manokwari, di sebelah timur wilayah suku bangsa Meyak. Wilayahnya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Bintuni, Anggi, Merdei dan Ransiki. Jumlah populasinya sekitar 12.500 jiwa. Mereka sendiri menyebut dirinya orang Sough. Desa-desa mereka antara lain Hoktu, Ira, Siwi, Aromi, Kofo, Testega, Ugarameta, Tuhoko, Mioguda, Timoforo, Maruru, Mesi, Hukbya dan Taigehi.

Suku Mekwai

Suku bangsa Mekwai bermukim di sebelah barat Danau Sentani, di sebelah utara Tanah Merah. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sentani, Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 1.200 jiwa. Nama lainnya Mooi, Moi, Moire, Menggei, Munggai, Mungge, Mengwei, Munkei. Desa-desa mereka antara lain Kendate, Wandadaya, Buyanggana, Kwnatemei, Waibron, Dozei, Weisamen, Maribu, Demenggong, Sabron, dan Sabeyao Besar.

Suku Meninggo

Suku bangsa ini berdiam di bagian tenggara Kepala Burung pulau Irian, di sebelah barat wilayah orang Manikion atau Sough, dan di bagian hulu sungai Wariori. Daerah persebaran mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Merdei, Kabupaten Manokwari.

Suku Momuna

Mereka mendiami daerah dataran tinggi di bagian selatan Pegunungan Jayawijaya, di sebelah selatan Wamena. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Jumlah populasinya sekitar 1.200 jiwa. Suku bangsa lain menyebut mereka orang Somage. Desa-desa mereka antara lain Sum, Dekai, Moruku, Indama, Tuwo.

Suku Ndugwa

Nama lain suku bangsa ini adalah Nduga. Mereka berdiam di dataran tinggi, Pegunungan Jayawijaya bagian tengah, yaitu di sebelah selatan wilayah orang Dani Barat dan di sebelah utara Wilayah orang Asmat. Desa-desa mereka adalah Akimuga, Mapnduma dan Tanga. Semuanya terletak di wilayah Kecamatan Tiom, Jayawijaya.

Suku Nisa

Suku bangsa Nisa berdiam di pedalaman Papua, yaitu di sebelah timur Teluk Cendrawasih atau di sekitar Danau Nisa. Daerah ini berada dalam wilayah Kecamatan Waropen Bawah, di Kabupaten Yapen Waropen, Provins Papua. Jumlah populasinya sekitar 270 jiwa.

Suku Papasena

Suku bangsa ini mendiami daerah berdanau-danau (Lake Plain) di sebelah hilir Sungai Tariku (Idenburg), kia-kira di sebelah barat percabangannya dengan Sungai Taritatu (Rouffaer). Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Memberamo Hulu dan Tor Atas, kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Jumlah populasinya sekitar 450 jiwa.

Suku Papuma

Suku bangsa ini mendiami sebuah desa di pantai selatan Pulau Yapen yang terletak di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua. Bahasa mereka termasuk kelompok bahasa Austronesia. Jumlah populasinya sekitar 650 jiwa. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Barat, Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua.

Suku Riantana

Suku bangsa ini mendiami sebagian Pulau Kolepom (Yos Sudarso) di Papua Barat bagian selatan. Daerahnya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kimam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Desa-desa mereka adalah Suam, Yaumuka, Iramoro, Konjobando, Kava, dan Yeraha. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Suku Roon

Suku bangsa ini mendiami Pulau Roon yang terletak di Teluk Cendrawasih (Gelvink Bay) sebelah barat, yaitu di ujung Tanjung Mangguar (Wandamen). Daerah ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Wasior, Kabupaten Manokwari.

Suku Sangke

Orang Sangk berdiam di daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini di sebelah tenggara kota Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 200 jiwa.

Suku Arandai

Suku bangsa Arandai atau Yaban berdiam di bagian tenggara Kepala Burung pulau Irian, yaitu di sebelah barat Sungai Wariaga dan di sekitar daerah aliran Sungai Sebyar (Timoforo).

Suku Arfak

Orang Arfak mendiami daerah Kepala Burung Irian, yaitu di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Wamare, Kabupaten Manokwari. Jumlah populasinya sekitar 700 jiwa.

Suku Arguni

Orang Arguni berdiam di pantai barat laut Semenanjung Bomberai dan di sebuah pulau kecil yang terletak di teluk Berau dalam wilayah Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak.

Referensi : Depdikbud 1989
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Ragam Suku Di Pulau Papua Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ragam Suku Di Pulau Papua Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya