loading...

Ensiklopedia Suku-Suku Di Pedalaman Sumatera

Suku Sawang

Orang Sawang mungkin masih bagian dari kelompok orang Laut yang hidup berpindah-pindah di perairan laut di wilayah beberapa Provinsi (Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan lain-lain). Pemukiman mereka dapat ditemukan di beberapa tempat di Pulau Belitung.

Suku Mentawai

Orang Mentawai mendiami Kepulauan Mentawai yang terdiri dari Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Secara administaratif kepulauan Mentawai termasuk bagian dari wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Suku Pasemah

Suku bangsa ini sering juga disebut dengan nama Basemah. Mungkin berasal dari kata be (ada) dan semah (ikan sungai). Jadi kata basemah menunjukkan suatu daerah yang banyak ikan sungainya. Di Provinsi Sumatera Selatan masyarakat ini berdiam di sekitar Gunung Dempo.

Suku Sekak

Suku bangsa Sekak ini sering juga disebut orang Mapur, Lom atau Belom. Mereka termasuk suku bangsa kecil agak terasing dari pergaulan dengan suku bangsa lain. Mereka berdiam di beberapa tempat di Kecamatan Belinyu di Pulau Bangka, Sumatera Selatan.

Suku Semendo

Suku bangasa ini sering juga menyebut diri mereka orang Semende. Mungkin berasal dari kata se (Satu) dan ende (induk atau ibu), kira-kira berarti "Orang satu ibu" atau satu asal nenek moyang. Masyarakat ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Semende Darat dan Semende Lembak. Kelompok pertama bermukim di Kecamatan Pulau Panggung dan Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah. Kelompok kedua berdiam di sekitar Kecamatan Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Terutama menghuni daerah berhawa sejuk di Provinsi Sumatera Selatan.

Suku Siladang

Orang Siladang adalah salah satu suku bangsa kecil yang hidup agak terasing baik secara fisik maupun budaya di pedalaman Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Mereka hidup sebagai peladang berpindah-pindah di sekitar Bukit Sihite dan amat jarang bergaul dengan masyarakat sekitarnya. Jumlah populasinya sekitar 200 jiwa.

Suku Simalungun

Orang Simalungun atau Batak Simalungun adalah suku bangsa Batak. Mereka mendiami daerah Simalungun yang sekarang menjadi bagian dari Kabupaten Simalungun, dan sebagian lagi di Kotamadya Pematangsiantar. Jumlah populasinya sekitar 891.000 jiwa.

Suku Simeuleu

Suku bangsa ini berdiam di lima kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat, yaitu di Kecamatan Simeuleu Timur, Simeuleu Barat, Simeuleu Tengah, Salang dan Teupah Selatan.

Suku Tamiang

Orang Tamiang mendiami enam kecamatan di Kabupaten Aceh Timur yaitu kecamatan Bendahara, Kejeruan Muda, Seruway, Karang Baru, Tamiang Hulu dan Kuala Simpang. Pada zaman Belanda daerah mereka termasuk ke dalam Kewedanaan Tamiang. Sekarang jumlah populasinya sekitar 125.000 jiwa.

Suku Teloko

Suku bangsa Teloko ini diperkirakan berjumlah sekitar 7.000 jiwa. Mereka bermukim di dusun-dusun dalam marga Teloko, di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Sebagian besar hidup dari pertanian.

Referensi : Depdikbud 1989
Kamu sedang membaca artikel tentang Ensiklopedia Suku-Suku Di Pedalaman Sumatera Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ensiklopedia Suku-Suku Di Pedalaman Sumatera Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya