loading...

Sejarah Suku Kahumamahon Di Sulawesi Tengah

Suku Dunia ~ Suku atau Orang Kahumamahon berdiam dalam wilayah Batui dan Bunta di Kabupaten Luwuk Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Sebagian lainnya berdiam dalam wilayah Borone, Kabupaten Poso. Di daerah terakhir ini mereka bertetangga dengan orang Wana.

Mata Pencaharian Suku Kahumamahon

Masyarakat yang tergolong "terasing" ini hidup dari bercocok tanam di ladang secara berpindah-pindah. Kegiatan membuka hutan untuk dijadikan ladang diawali dengan mengadakan upacara yang disebut mawi. Upacara ini dipimpin oleh seorang syaman (polebiang).

Tanaman pokok mereka adalah padi, jagung, ubi kayu, ketela, kacang. Hasil panen padi dan jagung itu sebagian mereka tukarkan dengan barang-barang kebutuhan lainnya, seperti parang, kampak, lampu, pakaian, garam. Sumber mata pencaharian lainnya adalah berburu babi, rusa, dan anoa. Kadangkala mereka pergi meramu hasil hutan, seperti rotan, damar, dan kayu untuk dijual kepada tengkulak.

Baca juga Suku Lainnya Di Daerah Sulawesi :

Agama Dan Kepercayaan Suku Kahumamahon

Orang Kahumamahon menganut religi asli yang mereka sebut Halarjik. Dalam konsep ini mereka percaya mengenai adanya Yang Maha Kuasa yang mereka sebut Pu'E. Di samping itu, mereka juga percaya pada roh-roh dan makhluk gaib yang hidup di sekitar mereka.

Roh-roh ini ada yang sifatnya buruk dan mengganggu manusia, namun ada pula yang sifatnya baik dan menolong manusia. Kedua jenis roh itu harus dihormati dengan mengadakan sajian tertentu. Dan pada masa sekarang sebagian kecil dari mereka ada yang sudah memeluk agama Islam, yang lainnya memeluk agama Protestan atau Katolik.
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kahumamahon Di Sulawesi Tengah Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kahumamahon Di Sulawesi Tengah Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya