Sejarah Suku Shona Di Afrika

Suku Dunia ~ Suku Shona ini sebanyak 80% berada di wilayah Zimbabwe khususnya Masgonaland. Shona menggunakan bahasa resmi Zimbabwe dan duku ini telah ada di sana sejak 1250 tahun yan lalu dengan mengawali hidupnya melalui pendirian kota pemujaan Great Enclosure di Zimbabwe.


Setelah suku tersebut membuat tempat untuk berkumpul bersama mereka dan mendirikan kerajan Shona yang dimulai pada 1270-1450 Masehi. Dalam kerajaan tersebut masyarakatnya dipimpin oleh seorang raja yang memiliki 200 istri dan sekaligus tinggal dalam satu kota.

Mata Pencaharian Suku Shona

Dilihat dari sistem mata pencaharian suku Shona ini merupakan suku yang bekerja sebagai pengembala sapi sebab banyak dari mereka yang memiliki padang rumput yang luas yang terletak di antara Sungai Zambesi dan Sungai Limpopo.

Agama Dan Kepercayaan Suku Shona

Dulu suku Shona menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Pada saat ini sebagian besar suku Shona memeluk agama Kristiani, tetapi tetap melakukan ajaran budaya nenek moyang. Tradisi yang tetap bertahan antara lain adalah ritual meramal yang menggunakan baskom berisi air. Karena suku ini merupakan suku mayoritas, suku Shona adalah suku yang menjalankan pemerintahan. Selain itu, bahasa nasional Zimbabwe adalah bahasa Shona.

Referensi saya :
  • http://angela-n-a-fisip10.web.unair.ac.id/artikel_detail-49637 EBB-Afrika%20Utara%20dan%20Afrika%20Selatan:%20Suku%20Shona%20dan%20Suku%20Zulu.html 
  • http://madib.blog.unair.ac.id/etnografi-bangsa-bangsa/etnografi-bangsa-shona-dan-suku-zulu-di-afrika-selatan/
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Shona Di Afrika Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Shona Di Afrika Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya