Sejarah Suku Saaroa di Taiwan

Suku Dunia ~ Taiwan adalah salah satu negara yang berada di Asia Timur itu ternyata memiliki suku asli yang selama ini belum banyak diketahui orang, yaitu Suku Saaroa.


Hampir mirip Australia yang lebih dikenal dengan penduduk Kaukasusnya, orang-orang saat ini lebih mengenal Taiwan sebagai negara yang memiliki penduduk mirip seperti penduduk China, Korea, atau Jepang yang berperawakan putih bersih dan bermata sipit.

Justru anggapan itu salah, Suku Saaroa lebih mirip dengan suku Dayak di Kalimantan. Suku Saaroa, adalah salah satu suku asli Formosa, Taiwan, yang bermukim di daerah pegunungan tengah barat, selatan dan tenggara Minchuan, sepanjang Laonung River. Populasi orang Saaroa diperkirakan sebesar 740 orang.

Orang Saaroa memiliki bahasa asli, yaitu bahasa Saaroa. Bahasa Saaroa adalah kelompok bahasa Tsouic Selatan, yang merupakan bahasa dari keluarga rumpun bahasa Austronesia. Sejak tahun 1690 bahasa Saaroa berada di ambang kepunahan. 

Saat ini orang Saaroa banyak berbicara dalam bahasa Bunun, Taiwan dan Mandarin. Hal ini terjadi karena sejak dahulu banyak orang Bunun yang bermigrasi ke daerah hunian orang Saaroa.

Saat ini hampir tidak ada generasi muda yang berbicara dalam bahasa Saaroa. Diperkirakan hanya tinggal para orang tua saja yang masih bisa berbicara bahasa Saaroa.

Sumber :
  • Suku Bangsa Dunia & Kebudayaannya, penulis Pram
  • https://kumparan.com/kumparantravel/suku-formosa-penduduk-asli-taiwan-yang-mirip-suku-dayak-di-indonesia-27431110790551506/full
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Saaroa di Taiwan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Saaroa di Taiwan Sebagai sumbernya

0 Response to "Sejarah Suku Saaroa di Taiwan"

Post a Comment

Sejarah Suku Lainnya