Sejarah Kebudayaan Suku Lingon Di Halmahera

Suku Dunia ~ Lingon adalah salah satu suku pedalaman yang mendiami Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Suku Lingon ini dikenal karena memiliki ciri fisik ras Kaukasoid yakni berkulit putih, berambut pirang, dan bermata biru, berbeda dengan suku-suku bangsa di Indonesia lainnya yang umumnya memiliki ciri fisik berkulit coklat, bermata coklat kehitaman dan berambut hitam. Dan yang menjadi keunikan suku ini ialah matanya yang memiliki ciri khas layaknya orang eropa.


Keberadaan suku ini masih misterius dan hanya diketahui oleh sebagian orang saja. Karena hidupnya berada di daerah pedalaman, wilayah tempat tinggal ini cukup sulit untuk dijamah. Lingon sendiri konon hidup di hutan dengan sistem yang masih primitif. Ada kabar yang mengatakan mereka sudah punah, tapi ada yang bilang juga suku Lingon sengaja menjauh agar tidak diusik.

Menurut desas-desusnya, suku Lingon berada di pedalaman hutan Halmahera dan mereka menjalani hidup secara sederhana, alias primitif. Jadi, mereka masih hidup bergantung kepada alam, tapi mungkin sudah mengenal sistem pertanian dan bermukim. Akses keluar yang sangat susah didapat jadi alasan kenapa orang-orang Lingon menjalani hidup secara primitif. Mereka tinggal di tempat yang cukup terpencil memang dan susah pula untuk dijangkau. Hal ini membuat teknologi tidak bisa menjangkau mereka. Soal keyakinan, banyak yang percaya kalau suku Lingon menganut animisme dan dinamisme.

Tidak ada ceritanya orang ras Mongoloid bisa menghasilkan keturunan Kaukasoid, kecuali ada silang kawin di antara keduanya. Dengan berbekal teori ini, kita juga bisa bilang kalau suku Lingon bukanlah orang-orang asli pulau Halmahera. Hal ini diperkuat dengan bukti-bukti cerita dari masyarakat sekitar yang secara tersirat seakan membenarkan hal tersebut.

Cerita muasal Suku Lingon diawali dari karamnya sebuah kapal asal Eropa di sekitar Halmahera. Kemudian karena harus bertahan hidup, orang-orang kapal ini pun akhirnya menepi dan lama-kelamaan memasuki hutan. Lantaran susahnya akses dan lain sebagainya, mereka pun tak punya pilihan selain menetap dan akhirnya membentuk koloni sendiri yang disebut Lingon. Alasan kenapa mereka jadi primitif mungkin karena sudah terlalu lama tinggal di hutan.

Bila anda mengamati wajah mereka, anda akan melihat jelas warna mata mereka yang biru. Warna ini adalah warna mata khas ras Kaukasoid yang merupakan warna matanya orang-orang Eropa. Bola mata ras Kaukasoid terlihat indah untuk dipandang. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi orang-orang Lingon. Ras orang-orang Indonesia berbeda dengan ras orang-orang eropa yang Kaukasoid.

Selain bermata biru, kulit orang-orang Lingon berwarna putih dan persis seperti kulitnya orang-orang eropa. Kulit putih ini menjadi ciri khas Lingon yang menonjol dari suku-suku lainnya. Maka tak heran, karena kulitnya putih, banyak dari mereka yang memiliki paras cantik dan tampan. Warna rambut pirang juga menjadi salah satu ciri khas Suku Lingon. Rambut yang berwarna kuning atau coklat tentu menjadi sesuatu yang asing dimiliki oleh orang-orang Indonesia. Hal ini dikarenakan mayoritas orang-orang Indonesia berambut hitam dan kebanyakan lurus. Warna rambut pirang yang asli dengan kulit putih dan bermata biru tentu menjadi identitas lengkap bahwa seseorang tersebut mirip sekali dengan orang-orang eropa.

Sampai saat ini, populasi suku Lingon masih belum diketahui keberadaannya. Dikatakan bahwa dahulu suku ini sering mendapatkan ancaman dari suku yang hidup di pesisir pantai, salah satunya adalah suku Togutil. Orang dari suku Togutil kerap berusaha menculik gadis-gadis suku Lingon yang terkenal cantik dengan mata biru mereka. Beberapa suku setempat menganggap Suku Lingon berbahaya, lantaran dikenal memiliki ilmu sihir sehingga mereka juga kadang kala disegani.

Sumber Referensi :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Lingon
  • https://www.boombastis.com/suku-lingon/79095
  • https://www.romadecade.org/suku-lingon/
  • https://dunia-kesenian.blogspot.com/2016/12/sejarah-dan-asal-usul-suku-lingon.html
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Kebudayaan Suku Lingon Di Halmahera Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Kebudayaan Suku Lingon Di Halmahera Sebagai sumbernya

1 Response to "Sejarah Kebudayaan Suku Lingon Di Halmahera"


  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Sejarah Suku Lainnya