Sejarah Suku Daya Di Sumatera

Suku Dunia ~ Suku Daya Merupakan klan suku dari Suku Lampung sama dengan Suku Komering. Kelompok Masyarakat ini hampir sama dengan suku komering. Suku daya hidup dan menyebar di sepanjang aliran sungai way yang sekarang di kenal dengan nama sungai Komring.


Suku Daya biasa juga disebut "Jelma Daya" yang berarti orang yang kuat/berdaya/gagah atau kelompok masyarakat yang ulet dan dinamis.

Suku Daya awalnya berasal dari Gunung Seminung lampung yang membawa Budaya Rumpun Seminung. Masyarakat Rumpun Seminung tergolong Melayu Kuno (Proto Malayan Tribes), Kelompok masyarakat ini kemudian berkembang dan menyebar menjadi beberapa kelompok masyarakat.

Suku Daya sekarang sebagian besar menetap di beberapa Kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Mereka tinggal di Kecamatan Simpang, Muara Dua, dan Baturaja.

Masyarakat Suku Daya pada umumnya bekerja sebagai petani. Populasi Suku Daya sekarang sekitar 15.000 - 20.000 jiwa. Mereka sekarang kebanyakan telah memeluk kepercayaan Agama Islam.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Daya

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Daya Di Sumatera Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Daya Di Sumatera Sebagai sumbernya

0 Response to "Sejarah Suku Daya Di Sumatera"

Post a Comment

Sejarah Suku Lainnya