loading...

Sejarah Suku Baka

Suku Dunia ~ Orang Baka biasa pula disebut Umaq Baka. Mereka merupakan salah satu sub kelompok dari orang Dayak Kenyah.

Daerah asalnya berada di dataran tinggi Apo Kayan, yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur.


Dataran tinggi Apo Kayan terletak di tengah Kalimantan, seolah-olah menjadi pusat pulau raksasa, sudah mendekati garis batas Indonesia dengan Serawak (Malaysia Timur).

Lebih khusus lagi, kampung, asal orang Baka berada di desa Murung, bagian dari Kecamatan Kayan Hulu. Lingkungan yang berupa hutan primer Kalimantan itu menyebabkan mereka hidup dari perladangan serta meramu hasil hutan dan berburu.

Dalam rentang sejarahnya, mereka hidup terkucil dari dunia luar tanpa ada prasarana komunikasi yang berarti, namun mereka mendengar ada berbagai kemajuan di dunia luar terutama di daerah pantai.

Itulah sebabnya mereka ingin juga menikmati kemajuan itu. Meskipun bermigrasi dan diantaranya ada yang bermukim di Kabupaten Kutai.

Di Kabupaten ini sekelompok orang Baka berdiam di desa Buluk Sen, Kecamatan Long Bagun.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Baka Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Baka Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya