Sejarah Suku Kisam

Suku Dunia ~ Kisam adalah satu kelompok sosial yang berdiam di beberapa dusun di Kecamatan Muara Dua dan Pulau Beringin, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan.


Pada tahun 1988 penduduk Kecamatan Muara Dua berjumlah 77.208 jiwa, sedangkan Kecamatan Pulau Beringin berjumlah 27.471.

Dari jumlah tersebut, orang Kisam diperkirakan merupakan penduduk minoritas dengan jumlah sekitar 18.000 jiwa lebih.

Menurut cerita rakyat, kelompok masyarakat ini merupakan pencampuran antara suku bangsa Pasemah dan Semendo, yaitu kelompok masyarakat asli yang juga berdiam di Provinsi ini.

Bahasa yang dipergunakan oleh orang Kisam tidak berbeda jauh dengan bahasa yang dipergunakan oleh orang Pasemah dan oleh sebab itu bahasa mereka sering juga disebut bahasa Pasemah.

Mata pencaharian pokok suku atau orang Kisam adalah bertani di sawah atau di ladang. Orang Kisam adalah pemeluk agama Islam.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kisam Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kisam Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya