loading...

Sejarah Suku Gayo Serbejadi

Suku Dunia ~ Gayo Serbejadi merupakan salah satu sub kelompok dari suku bangsa Gayo, yang berdiam dalam wilayah Kecamatan Serbejadi, salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Daerah Istimewa Aceh.


Kelompok ini biasa juga dikenal dengan nama Gayo Semamah. Di Kecamatan ini masih ada sub kelompok kecil lainnya bernama Gayo Kalul, yang jumlahnya lebih sedikit dari pada Gayo Serbejadi.

Orang Serbejadi berdiam di hulu Sungai Peureulak, sedangkan orang Kalul bermukim di hulu Sungai Tamiang.

Jumlah orang Gayo Serbejadi menurut sensus penduduk tahun 1930 adalah sebesar 3.336 jiwa, sedangkan orang Gayo Kalul hanya 800 jiwa. Penduduk Kecamatan Serbejadi pada tahun 1980 adalah 7.384 jiwa.

Mereka memakai bahasa sendiri, yaitu dialek Gayo Serbejadi. Pada mulanya mereka adalah pindahan dari orang Gayo Deret, Gayo Lut, dan Gayo Luwes.

Dalam jangka panjang di antara kelompok-kelompok ini jarang ada kontak, karena tiadanya prasarana jalan.

Kelompok Serbejadi ini lebih banyak keluar ke daerah pantai utara di daerah suku bangsa Aceh. Itu pun hanya dilakukan dengan rakit atau dengan berjalan kaki.

Akhirnya kelompok ini mengembangkan variasi budaya sendiri, termasuk dalam hal bahasa, yang berbeda dengan Gayo Lut dan Gayo Luwes.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Gayo Serbejadi Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Gayo Serbejadi Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya