Suku-Suku Indian Di Benua Amerika

Suku Dunia ~ Suku Indian merupakan suku bangsa pertama yang mendiami wilayah benua Amerika. Diperkirakan mereka berdatangan dari Asia pada 20.000 tahun yang lalu. Mereka bermigrasi melalui selat Bering. Setelah berabad-abad mereka berkembang dan membangun peradaban di sana. Barulah pada abad ke-16 bangsa Eropa masuk dan menjajah dan mendiami wilayah benua Amerika ini. Di bawah ini merupakan suku-suku Indian yang sebagian besar mendiami wilayah benua Amerika.

Suku Apache

Suku yang satu terkenal akan kepandaiannya dalam memelihara kuda dan menunggangi kuda atau ahli strategi dalam berperang. Itulah sebabnya suku ini sangat ditakuti oleh bangsa eropa pada saat ekspedisi di benua Amerika. Dahulunya suku Apache sebagian besar mendiami wilayah Meksiko dan Arizona Tenggara.

Suku Sioux

Sioux adalah penduduk asli Amerika dan Bangsa Pertama orang-orang di Amerika Utara. Istilah ini dapat merujuk kepada satu kelompok etnis dalam Great Sioux Nation atau salah satu dari yang banyak bahasa dialek bangsa itu.

Suku Creek

Suku Creek menggunakan bahasa Muskoke sebagai bahasa sehari-hari mereka. Suku Indian ini sebagian besar mendiami daerah bagian tengah dan selatan benua Amerika.

Suku Hopi

Suku Hopi adalah salah satu bangsa Indian kuno. Nenek moyang mereka berimigrasi dari Meksiko ke negara-bagian Arizona kira-kira lima hingga sepuluh ribu tahun lalu. Kini mereka hidup di negara bagian Arizona Utara di atas tanah lindung. Arti sebenarnya dari Hopi adalah rakyat yang damai. Terdapat dua belas desa di daerah reservasi Hopi, sepuluh di antaranya berbaur dengan masyarakat umum.

Suku Iroquois

Suku Iroquois juga dikenal sebagai Haudenosaunee atau "Orang-orang dari rumah panjang ", adalah sebuah asosiasi dari beberapa suku penduduk asli Amerika Utara. Setelah berbahasa masyarakat Iroquoian bersatu sebagai suku yang berbeda, berdasarkan kebanyakan di zaman sekarang bagian utara negara bagian New York tengah dan, pada abad ke-16 atau sebelumnya mereka datang bersama dalam sebuah asosiasi yang sekarang dikenal sebagai Liga Iroquois, atau "Liga Perdamaian dan Power ".

Suku Yavapi

Sejak dari jaman prasejarah, bangsa Yavapai hidup sebagai pemburu dan hanya sesekali mengerjakan pertanian di lebih dari sembilan juta hektar tanah di bagian tengah dan barat dari Negara bagian Arizona. Ketiga grup utama dari bangsa Yavapai mengadakan hubungan yang sangat baik diantara mereka dan sekarang ini umumnya mereka berlokasi di Ft. McDowell, Camp Verde dan Prescott. Bangsa Yavapai terkenal dengan kepandaian mereka dalam membuat keranjang dimana hasil kerajinan ini dapat di lihat di banyak museum.

Suku Kiowa

Nama Kiowa diambil dari kata kai-gwa yang berarti “orang utama” dan lagenda mengatakan bahwa mereka berasal dari pinggiran Yellowstone River di bagian tengah negara bagian Montana. Pada abad ke-18 setelah mereka memiliki kuda, mereka berpindah ke daerah dataran untuk berburu banteng. Ketika itu mereka membuat persekutuan dengan bangsa Kiowa-Apache begitu juga dengan musuh mereka yang lalu, Comanche yang merupakan basis dari pada Kiowa-Comanche Reservation yang dibentuk dalam daerah Indian pada tahun 1892. Kiowa dikenal suka menulis dan menyimpan sejarah mereka. Arsip sejarah disimpan dalam bentuk calendar foto di kulit banteng dan di update setahun dua kali pada musim dingin dan musim panas.

Suku Pawnee

Suku Pawnee merupakan suku indian yang sebagian besar mendiami Oklahoma. Suku Indian Pawnee menggunakan bahasa Caddoan.

Suku Cherokee

Suku Indian Cherokee merupakan suku bangsa terbesar di daerah bagian tenggara dan merupakan yang paling dahulu beradaptasi pada peradaban Eropa. Nama mereka disebut sebagai Tsalagi di dalam bahasa mereka. Oleh bangsa Choctaw mereka dipanggil Chalakki dimana bahasa Chalakki ini merupakan bahasa yang digunakan dalam perdagangan di daerah bagian tenggara.

Suku Zuni

Suku Indian Zuni adalah suku Indian Pueblo dari barat tengah New Mexico, dekat perbatasan Arizona. Menurut sensus tahun 2010 AS, sekitar 10.000 suku Zuni tinggal di Amerika Serikat. Kebanyakan suku Zuni tinggal di Zuni Indian Reservation yang telah dihuni oleh suku Zuni selama ribuan tahun. Beberapa orang Zuni beternak untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi justru mereka terkenal akan perhiasan mereka yang terbuat dari perak, karang, dan pirus. Banyak suku Zuni yang tinggal di rumah-rumah tradisional batu.

Suku Navajo

Suku Indian Navajo merupakan suku Indian terbesar yang merupakan penduduk asli Amerika yang mendiami Amerika Serikat Barat Daya. Populasi penduduknya diperkirakan sekitar 300.000 orang.

Referensi :
https://khalidibnulwalid.wordpress.com/2012/03/27/macam-macam-suku-indian/
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Indian Di Benua Amerika Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Indian Di Benua Amerika Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya