Suku-Suku Di Thailand

Suku Dunia ~ Di bawah ini merupakan sebagian kecil dari Suku-Suku bangsa yang berada di Negara Thailand. Tujuan Suku Dunia memposting artikel ini guna menambah wawasan para pembaca akan keragaman suku yang ada di negara Thailand ini. Dan semoga dengan postingan ini bermanfaat sekali bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak akan kebudayaan-kebudayaan di dunia.

Suku Karen

Suku Karen merupakan suku yang mendiami Thailand dan termasuk suku paling unik di dunia. Para wanita suku ini mengenakan cincin tembaga di leher mereka sedari kecil, hingga dewasa. Bertemu suku Karen di pedalaman utara Chiang Rai.

Suku Akha

Suku ini diperkirakan berasal dari dataran Cina yang bermigrasi ke Asia Tenggara sekitar tahun 1900-an. Suku Akha mendiami di dataran tinggi pegunungan Thailand. Tak hanya di Thailand suku ini juga berdiam di negara Burma dan Laos.

Suku Chong

Daerah asal suku ini berada di negara Kamboja. Suku Chong di Thailand diperkirakan berjumlah sekitar 11.000 orang yang berbicara dalam bahasa Chong (Shong) yang termasuk dalam bahasa Austroasiatic. Orang Chong mayoritas adalah penganut agama Buddha.

Suku Thai

Suku Thai merupakan suku asli di negara Thailand. suku Thai biasa juga disebut Tay, Tay Dam, Tay Khao, Tay Muoi, Tay Thanh, Hang Tong dan Thay Pu. Mereka menggunakan bahasa Thai yang termasuk dalam kelompok rumpun bahasa Tay-Thai.

Suku Mon

Daerah asal suku Mon ini berada di negara Myanmar atau bagian selatan negara Myanmar. Orang Mon termasuk suku bangsa pertama yang menghuni pertama di Asia tenggara yang menetap di Myanmar dan kemudian menyebar di beberapa negara terutama di Thailand.

Suku Palaung

SukuPalaung yang hidup di Thailand disebut sebagai Benglong atau Palong. Kelompok Palaung ini kadang mencakup suku Danau (Danaw) yang memiliki identitas terpisah dari suku Pale. Tetapi daerah asal suku ini berada di negara Myanmar yang kemudian bermigrasi ke Thailand dalam beberapa waktu.

Suku Shan

Orang Shan berbicara dalam bahasa Shan dan bilingual dalam bahasa Burma. Bahasa Shan, diucapkan oleh sekitar 5 atau 6 juta, berkaitan erat dengan Thailand dan Laos, dan merupakan bagian dari keluarga bahasa Tai. Hal ini dituturkan di Negara Bagian Shan.

Suku Urak Lawoi

Urak Lawoi adalah masyarakat adat Melayu Proto yang mendiami pulau Phuket, Phi Phi, Jum, Lanta, Bulon dan Lipe dan Adang di kepulauan Adang di lepas pantai barat Thailand. Mereka dikenal dengan berbagai nama, termasuk Orak Lawoi', Lawta, Chaw Talay, Chawnam, dan Chao Leh yang artinya orang dari laut. Suku ini terdiri dari sekitar 6.000 orang. Urak Lawoi dapat dibedakan secara penampilan fisiknya misalnya dengan kulit mereka lebih gelap dan rambut keriting. Urak Lawoi termasuk dalam suku yang disebut gipsi laut.

Suku Pear

Di Thailand masyarakat suku Pear menyebut diri mereka sebagai Samre, yang berada di provinsi Pursat, Samray di Battambang, Chong dan Chong-Samre di provinsi Trat di sebelah timur Thailand, dan Chong la dan Chong heap di provinsi Chanthaburi Thailand.

Referensi Saya :
  • http://protomalayans.blogspot.com
  • https://id.wikipedia.org
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Di Thailand Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Di Thailand Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya