loading...

Suku-Suku Dayak Di Kalimantan Selatan

Suku Dunia ~ Di bawah ini merupakan nama suku-suku Dayak yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan Suku Dunia membagikan artikel ini kepada anda guna menambah wawasan anda akan keragaman suku dayak di Kalimantan atau khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Suku Dayak Abal

Suku Dayak Abal merupakan suku yang sebagian besar berdiam di Desa Halong Dalam, Provinsi Kalimantan Selatan. Sementara itu jumlah populasi berjumlah sekitar 20.000 orang pada sensus tahun 1990 silam.

Suku Dayak Bakumpai

Suku ini jumlah populasinya sekitar 40.000 orang yang berdiam di sebagian besar Provinsi Kalimantan Selatan yaitu di daerah sepanjang tepian aliran sungai Barito.

Suku Dayak Bawo

Suku Dayak Bawo ini sebagian besar bermukim di beberapa kecamatan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Timur. Selain terdapat di Kalimantan Selatan, Suku Dayak Bawo juga dapat temukan di Kalimantan Timur atau tepatnya di Kabupaten Kutai.

Suku Lawangan

Suku Lawangan mendiami daerah bergunung-gunung antara aliran Sungai Barito terus ke sebelah barat ke daerah aliran Sungai Kapuas. Daerah itu termasuk dalam wilayah kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, dan Tapin, di Provinsi Kalimantan Selatan.
Baca lengkap : Sejarah Suku Lawangan

Suku Dayak Beranggas

Suku yang sebagian besar sudah memeluk agama Islam ini berdiam di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan atau tepatnya di hilir sungai Barito. Sementara itu bahasa yang mereka gunakan ialah bahasa Alalak.

Suku Maanyan

Suku Maanyan atau orang Maanyan berdiam di wilayah Banua Lima, Patengkep Tutui, Awang Hayaping, dan Dusun Timur, dalam wilayah Kabupaten Barito Timur dan Kewedanaan Barito Selatan. Di sebelah timurnya berdiam masyarakat Banjar, di sebelah baratnya orang Bakumpai, di sebelah utaranya wilayah orang Bukit dan orang Lawangan.
Baca lengkap : Sejarah Suku Maanyan

Suku Dayak Meratus

Suku ini juga biasa disebut Suku Dayak Bukit, karena mereka memang tinggal atau berdiam di daerah berbukit atau tepatnya di pegunungan Meratus.

Suku Dayak Dusun Peyah

Jumlah populasi suku ini diperkirakan sekitar 34.000 jiwa. Suku ini tersebar dibeberapa daerah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Suku Dayak Ngaju

Mata pencaharian orang Ngaju adalah bercocok tanam di ladang. Tanaman pokok mereka adalah padi, ketela, ubi kayu, kedelai, sayur mayur dan buah-buahan. Pekerjaan berburu dan menangkap ikan di sungai masih dilakukan oleh sebagian warganya.

Referensi : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Dayak Di Kalimantan Selatan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Dayak Di Kalimantan Selatan Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya