Suku-Suku Terasing Di Indonesia

Suku Dunia ~ Suku terasing merupakan suku yang masyarakatnya bersifat primitif jauh dari kehidupan modern. Ciri-ciri suku terasing ialah masyarakatnya selalu hidup menggantungkan diri dengan alam dan lebih bersifat konservatif serta kurang diferensiasi. Dibawah ini merupakan suku-suku terasing yang terdapat di Indonesia.

Suku Kubu Di Jambi

Di pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Jambi memang kini sudah menjadi kota yang berkembang. Namun masyarakat Jambi juga masih memiliki segelintir kalangan yang hidup kesukuan yang jauh di tengah hutan. Suku anak dalam atau yang juga dikenal dengan nama suku Kubu merupakan salah satu suku paling terasing di Indonesia. Suku ini pun masih hidup nomaden atau berpindah-pindah, bahkan sistem kepercayaan yang mereka anut pun masih sangat kuno. Disebutkan jika suku anak dalam masih menyembah dewa atau roh dari para leluhur.

Suku Anak Dalam Di Jambi

Suku Anak atau Suku Kubu atau biasa juga disebut Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Mereka mayoritas hidup di provinsi Jambi, dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang.

Suku Mentawai Di Kepulauan Mentawai

Suku Mentawai terdapat di kepulauan Mentawai yang terdiri dari pulau-pulau yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Dalam beberapa pandangan tentang asal usul masyarakat Mentawai, ada yang mengatakan bahwa masyarakat Mentawai berada dalam garis orang polisenia. Menurut kepercayaan masyarakat Siberut, nenek moyang masyarakat Mentawai berasal dari satu suku/uma dari daerah Simatalu yang terletak di Pantai Barat Pulau Siberut yang kemudian menyebar ke seluruh pulau dan terpecah menjadi beberapa uma/suku.

Suku Sakai Di Sumatera

Suku Sakai merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia yang hidup di pedalaman Riau, Sumatera. Suku Sakai merupakan keturunan Minangkabau yang melakukan migrasi ke tepi Sungai Gasib, di hulu Sungai Rokan, pedalaman Riau pada abad ke-14.

Suku Polahi Di Gorontalo

Suku Polahi merupakan salah satu suku asli Indonesia yang memiliki keunikan dalam budaya dan adat istiadatnya,. Suku yang tinggal di hutan belantara Sulawesi tepatnya di pedalaman Gorontalo ini masih tetap 'mengisolasi' diri dari para manusia luar (orang desa/kota), ini dikarenakan menurut Babuta, penerus pimpinan suku Polahi di Hutan Humuhulo, Hutan adalah rumah sekaligus tempat mencari makan. "Leluhur kami berpesan, jangan pernah sama sekali meninggalkan hutan. Dan menurut sejarah, bahwa Asal Usul Suku Polahi tinggal dihutan karena: mereka tidak mau dijajah Belanda hingga memutuskan lari ke hutan Boliyohuto. hutan ini mencakup wilayah Kecamatan Paguyaman, Kecamatan Suwawa dan Kecamatan Sumalata Gorontalo.

Suku Kajang Di Sulawesi Selatan

Suku Kajang adalah salah satu suku yang tinggal di pedalaman Makassar, Sulawesi Selatan. Secara turun temurun, mereka tinggal di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Bagi mereka, daerah itu dianggap sebagai tanah warisan leluhur dan mereka menyebutnya, Tana Toa. Di Tana Toa, suku Kajang terbagi menjadi dua kelompok, Kajang Dalam dan Kajang Luar. Suku Kajang Luar hidup dan menetap di tujuh desa di Bulukumba. Sementara suku Kajang Dalam tinggal hanya di dusun Benteng. Di dusun Benteng inilah, masyarakat Kajang Dalam dan Luar melaksanakan segala aktifitasnya yang masih terkait dengan adat istiadat.

Suku Korowai Di Papua

Suku Korowai merupakan masyarakat Indonesia yang hidup di hutan-hutan pedalaman Papua. Kaum dari suku Korowai terbilang sangat sangat terasing, jika beberapa suku lain di tanah Papua sudah mengenal baju suku ini sama sekali tidak mengenakan apa-apa bahkan termasuk koteka. Suku ini disebut bermukim diatas pohon, bahkan menurut penelusuran di beberapa sumber rumah suku ini bisa berada diatas ketinggian hingga 50 sampai 100 meter dari permukaan tanah.

Suku Dani Di Pegunungan Papua

Suku Dani adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Pegunungan Tengah, Papua,Indonesia. Dan mendiami keseluruhan Kabupaten Jayawijaya. Suku-suku lain yang terdapat didaerah ini antara lain Yali dan Lani. Suku Yali adalah salah satu suku yang mendiami bagianselatan di antara perbatasan Wamena dan Merauke, sedangkan suku Lani mendiami bagiansebelah barat dari suku Dani. Ketiga suku ini memiliki ciri khas masing-masing baik dari segi budaya, adat istiadat, dan bahasa.

Suku Bauzi Di Papua

Suku Bauzi merupakan suku terasing di pedalaman tanah Papua. Mereka masih hidup sebagai masyarakat peramu yang bisa dikatakan tergolong suku paling terasing

Suku Baduy Di Provinsi Banten

Suku Baduy merupakan suku dari kabupaten Lebak provinsi Banten, mereka menjauhkan diri dari dunia luar yang serba modern, suku baduy terbagi pula menjadi 2 yakni suku baduy luar dan suku baduy dalam, dari keduanya ini suku baduy luar sedikit lebih keras dalam menjaga adat istiadat mereka, mereka sama sekali tidak menggunakan apa yang di ciptakan oleh dunia moderm, seperti tidak boleh naik motor atau mobil, di perkirakan jumlah populasi suku baduy baik luar maupun dalam mencapai 8000 orang.

Suku Laut Di Kepulauan Riau

Suku Laut atau sering juga disebut Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatera Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.

Suku Togutil Di Maluku

Suku Togutil yang dikategorikan suku terasing tinggal di pedalaman Halmahera bagian utara dan tengah, menggunakan bahasa Tobelo sama dengan bahasa yang dipergunakan penduduk pesisir, orang Tobelo. Orang Togutil penghuni hutan yang dikategorikan sebagai masyarakat terasing, sementara orang Tobelo penghuni pesisir yang relatif maju. Selain itu fisik orang Togutil, khususnya roman muka dan warna kulit, menunjukkan ciri-ciri Melayu yang lebih kuat daripada orang Tobelo.

Referensi :
  • http://segiempat.com/aneh-unik/unik/suku-terasing-indonesia/
  • http://www.anehdidunia.com/2014/10/suku-terpencil-terasing-di-indonesia.html
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Terasing Di Indonesia Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Terasing Di Indonesia Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya