loading...

Ragam Suku Di Pulau Papua Bagian 3

Suku Tabla

Suku bangsa Tabla berdiam di daerah pantai utara Papua, mulai dari kampung Yongsu Kecil di bagian paling timur sampai ke kampung Bukisi di sebelah barat. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayan Kecamatan Depapre dan Kecamatan Demta, Kabupaten Jayapura.

Suku Tandia

Orang Tandia mendiami daerah Leher Burung Pulau Papua, yaitu di sebelah selatan Tanjung Mangguar (Wandamen), atau di sekitar daerah aliran Sungai Wosimi, dalam wilayah Kabupaten Manokwari. Jumlah populasinya sekitar 400 jiwa. Desa-desa mereka adalah Webi, Kobei dan Uriemi, di Kecamatan Wasior.

Suku Taori

Suku bangsa ini berdiam di daerah Lake Plains, tidak jauh dari lapangan terbang Kaiy di bagian hilir sungai Roffaer (Tariku). Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Ilu di Kabupaten Paniai.

Suku Tarfia

Orang Tarfia atau Tarpia berdiam di Papua bagian utara yaitu dekat wilayah orang Demta, Kaure, Bonggo, Nimboran dan Gressi. Desa-desa mereka yaitu Tarfia dan Kaptiu, termasuk dalam wilayah kecamatan Demta, kabupaten Jayapura.

Suku Taurap

Orang Taurap bermukim di desa Burumaso dan di beberapa desa lain di sekitarnya. Daerah ini terletak di sebelah timur laut desa pelabuhan udara Danau Holmes, yaitu di sebelah barat bagian pertengahan Sungai Memberamo yang berada dalam wilayah Kabupaten Yapen Waropen.

Suku Wanggom

Orang Wanggom atau Wanggo berdiam di sekitar daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini bagian selatan, dekat daerah aliran Sungai Digul, sebelah utara wilayah orang Kaeti. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kouh, Kabupaten Merauke, Papua Barat. Jumlah populasinya sekitar 1.000 jiwa. Desa-desa mereka antara lain Komanik, Tugunop, Beteyop, Nenop, Mitop, Gotopin, Ndainop, Wagariop, Wayop, Mainak.

Suku Wano

Orang Wano berdiam di daerah Pegunungan Tengah Jayawijaya yaitu di sebelah hulu lembah Sungai Taritu (Raouffaer), di sebelah utara wilayah orang Dani Barat, di sebelah selatan wilayah orang Dem, dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Sinak dan Mulia, di Kabupaten Paniai.

Suku Warembori

Orang Warembori mendiami daerah muara aliran Sungai Memberamo di pantai utara Papua. Termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Jayapura. Desa mereka : Warenbori, Teba, dan Yoke.

Suku Waris

Suku bangsa ini berdiam di sekitar daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Jumlah populasinya sekitar 4.000 jiwa, dimana sekitar 1.500 jiwa di antaranya berdiam di Kecamatan Waris, Kabupaten Jayapura, yaitu desa-desa Ampas, Komieti, Mayor dan Waris.

Suku Waropen

Suku bangsa Waropen mendiami daerah sekitar pantai Teluk Cendrawasih bagian timur, terutama di sekitar Punuk Burung Pulau Papua yang berhadapan dengan Pulau Yapen dan sebagian lagi menghuni Pulau Yapen bagian selatan.

Suku Wiri

Orang Wiri berdiam di sekitar daerah berdanau-danau di Papua bagian tengah, yaity di sebelah selatan aliran sungai Van Daalen, atau di sebelah utara wilayah Orang Dani Barat, Mulia. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kecamatan Mulia, Kabupaten Paniai.

Suku Woi

Orang Woi adalah salah satu suku bangsa yang berdiam di Pulau Miosnum dan Pulau Yapen bagian barat yang terletak di Teluk Cendrawasih. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Barat, Kabupaten Yapen Waropen. Jumlah populasinya sekitar 1.500 jiwa.

Suku Wolani

Orang Wolani disebut juga Wodani atau orang Woda mendiami bagian barat dataran tinggi di wilayah Pegunungan Jayawijaya, yaitu di sekitar daerah aliran Sungai Kamandonga dan Mbiyandogo, di sebelah utara wilayah suku bangsa Ekagi, sekitar 75 mil di sebelah timur laut Danau Paniai. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Arodide di Kabupaten Paniai. Jumlah populasinya sekitar 5.000 jiwa.

Suku Woriasi

Orang Woriasi mendiami Pulau Yapen yang terletak di Teluk Cendrawasih, Papua, yaitu di daerah pesisir selatan dan timurnya. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen.

Suku Yahadian

Yahadian adalah suku bangsa yang mendiami bagian selatan daerah Kepala Burung Pulau Papua, yaitu di antara Sungai Mintamani bagian hilir dan lembah Sungai Sekak, serta di beberapa kampung yang berdiri memanjang di Teluk Berau. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Inanwatan, Kabupaten Sorong. Jumlah populasinya sekitar 800 jiwa.

Suku Yahrai

Orang Yahrai menetap di sekitar daerah muara Sungai Digul, di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Daerah mereka dikelilingi oleh wilayah orang Awyu. Bahasa mereka masih satu rumpun dengan bahasa Marind-Anim dan Boazi, karena itu ada anggapan bahwa suku bangsa ini sebenarnya bagian dari orang Marind Anim atau Boazi yang mengambil alih wilayah orang Awyu.

Referensi : Depdikbud 1989
Kamu sedang membaca artikel tentang Ragam Suku Di Pulau Papua Bagian 3 Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ragam Suku Di Pulau Papua Bagian 3 Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya