loading...

Ragam Suku Di Pulau Papua Bagian 2

Suku Sasawa

Suku bangsa ini mendiami daerah aliran Sungai Apawar bagian tengah, yaitu di wilayah utara Papua, di sebelah tenggara Sarmi. Jumlah populasinya sekitar 200 jiwa yang berdiam di sebuah desa, Sasawa. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Jayapura.

Suku Sause

Orang Sause mendiami daerah sebelah barat daya Danau Sentani, di sebelah barat laut Lereh, yaitu di desa Ures, Mubaron, Bokoko, Witi Yadow, Lidia, dan Puaral. Jumlah populasinya sekitar 600 jiwa. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Suku Sawi

Suku bangsa ni mendiami daerah bagian selatan Papua Barat, yaitu di sebelah hulu Sungai Fayit. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Pantai Kasuari (Pirimapun) dan Atsy, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Pemukiman mereka sebagian bercampur dengan pemukiman orang Asmat. Populasinya sekitar 4.000 jiwa. Desa-desa mereka antara lain : Bawor, Kagami, Tambor, Ero-Sato, Minahai, Comoro, Uyar-Kagas, Sanepay, Isaip, Esobor, Wiagas, Saremit, Kamur, Kainum. Nama lainnya : Sawuy, Aeyaroh.

Suku Seget

Orang Seget berdiam di daerah Kepala Burung Papua, yaitu di sebelah barat daya kota Sorong, di sebelah barat wilayah orang Moi. Desa-desa mereka adalah Sailolof, Walian, Segum dan Seget. Daerah itu termasuk Kecamatan Seget, Kabupaten Sorong.

Suku Sekar

Orang Sekar termasuk salah satu dari sekian banyak suku bangsa kecil yang mendiami Semenanjung Bomberai. Daerah mereka terletak di sebelah barat daya, yaitu di wilayah Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak.

Suku Seko

Orang Seko, Sko atau Seka berdiam di daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, kira-kia di pesisir timur laut muara Sungai Tami. Desa-desa mereka adalah Sko-Yambe, Sko-Mabo, dan Sko-Sai, dalam wilayah Kecamatan Abepura. Jumlah populasinya sekitar 500 jiwa.

Suku Sela

Suku bangsa ini berdiam di sebelah selatan dan tenggara daerah orang Korapun di kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya. Jumlah populasinya sekitar 1.000 jiwa. Masih satu kelompok dengan suku bangsa Koropun.

Suku Semimi

Orang Semimi mendiami daerah bagian selatan leher Burung Pulau Papua, yaitu di sekitar Teluk Etna, sampai ke arah Teluk Triton. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Teluk Etna, Kabupaten Fakfak, jumlah populasinya sekitar 300 jiwa.

Suku Sempan

Orang Sempan mungkin masih bagian dari suku bangsa Mimika. Mereka berdiam di daerah pantai selatan Papua, yaitu di sekitar muara sungai Cemara, Blummel dan Armandville, antara Kokonao dan Agats. Jadi di sebelah timurnya berdiam orang Asmat dan di sebelah barat subsuku bangsa Kamoro. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Kokonao, Kabupaten Merauke, Papua Barat. Populasinya sekitar 2.000 jiwa. Desa-desa mereka antara lain : Sumapero, Ipem, Wapu, Omawka, Moparawapi, Nateaymi, Farmapi dan Otokwa. Nama lainnya : Nararapi.

Suku Sentani

Suk bangsa ini berdiam di wilayah Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura. Terutama di sekitar Danau Sentanu dan sebagian di kotamadya Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 25.000 jiwa.

Suku Serui

Orang Serui atau Serui Laut atau Arui berdiam di Pulau Yapen bagian tengah, di Pulau Nau di sebelah selatan Pulau Yapen, dan di teluk Cendrawasih, Kecamatan Yapen Selatan, Yapen Barat dan Yapen Bawah. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kabupaten Yapen Waropen. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Suku Simai

Simai adalah salah satu subsuku dari suku bangsa Asmat yang mendiami beberapa desa di Kecamatan Sawa, Agats, dan Atsy di bagian pedalaman Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Suku Sobei

Orang Sobei disebut juga orang Biga yang mendiami daerah pantai utara Papua sebelah barat, yaitu di sebelah timur Kecamatan Sarmi. Desa-desa mereka antara lain Sarmi, Sawar, Wakde, dan Bugiserwar. Jumlah populasinya sekitar 2.000 jiwa. Daerah tersebut termasuk Kecamatan Sarmi, Kabupaten Jayapura.

Suku Suabau

Orang Suabau atau Suabo menggunakan bahasa Inanwatan, mendiami daerah pesisir selatan Kepala Burung Pulau Papua, di ujung Teluk Berau. Daerah tersebut termasuk wilayah Kecamatan Inanwatan, Kabupaten Sorong. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Suku Syiaga-Yenimu

Suku bangsa Syiaga atau Yenimu ini berdiam di Papua bagian tenggara, tidak jauh dari pantai selatan, di sebelah utara dari bagian hilir Sungai Digul, di sebelah utara dan barat laut wilayah orang Marind Anim. Daerah ini termasuk wilayah kecamatan Jair, Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Referensi : Depdikbud 1989
Kamu sedang membaca artikel tentang Ragam Suku Di Pulau Papua Bagian 2 Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ragam Suku Di Pulau Papua Bagian 2 Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya