Suku-Suku Di Kalimantan Timur

Suku Kejin

Orang Kejin adalah salah satu bagian dari kelompok suku bangsa Dayak Kenyah yang mendiami beberapa pemukiman di wilayah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, seperti Kabupaten Kutai dan Kabupaten Bulungan.


Suku Lepo Bakung

Lepo Bakung adalah salah satu sub suku bangsa Kenyah. Mereka berdiam di desa Long Payau, Long Metulang, Leng Dumo, Tebuan dan Lebusan. Semuanya di wilayah Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur. Sebagian berdiam di desa Long Metun dan Sungai Ana di Kecamatan Kayan Hilir. Jumlah populasinya sekitar 2.000 jiwa.

Suku Lepo Jalan

Lepo Jalan juga termasuk salah satu sub suku bangsa Kenyah yang berdiam di beberapa desa di dalam wilayah Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur. Desa mereka antara lain Long Ampung dengan jumlah populasi sekitar 100 jiwa.

Suku Lepo Mant

Orang Lepo Mant adalah salah satu sub suku bangsa Kenyah yang berdiam di beberapa Kecamatan Kabupaten Kutai, Provinsi Kalimantan Timur.

Suku Segayi

Orang Segayi berdiam di beberapa desa di wilayah Kecamatan Kelai, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Populasinya sekitar 350 jiwa.
Baca juga Suku-Suku Di Kalimantan Barat

Suku Tagel

Orang Tagel berdiam di daerah pedalaman Kalimantan Timur, yaitu di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Lumbis, Kabupaten Bulungan, Jumlah populasi mereka sekitar 2.500 jiwa. Ada juga yang menyebutnya Dayak Tegalan.

Referensi : Depdikbud 1989
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Di Kalimantan Timur Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Di Kalimantan Timur Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya