Suku-Suku Di Kalimantan Barat

Suku Menyuke

Suku bangsa Menyuke atau Dayak Menyuke mendiami beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Ngabang, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya sekitar 7.600 jiwa.

Suku Kayung

Orang Kayung atau Dayak Kayung mendiami beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Desa-Desa itu antara lain, Kebuai, Tanjung Beringin, Tanjung Bunga dan Riau Batu. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Ilustrasi Suku-Suku Di Kalimantan Barat

Suku Sebaruk

Orang Sebaruk berdiam di lingkungan wilayah Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang dan di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya sekitar 34.000 jiwa.

Suku Seberuang

Orang Seberuang berdiam di beberapa desa di wilayah Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya sekitar 5.000 jiwa.

Suku Sekadau

Orang Sekadau berdiam di daerah pedalaman Provinsi Kalimantan Barat, yaitu di sebelah utara bagian tengah Sungai Kapuas, di wilayah Kabupaten Sanggau.

Suku Sum

Orang Dayak Sum atau Daruk ini mendiami beberapa desa di wilayah kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya sekitar 2.500 jiwa.

Suku Sungkung

Orang Sungkung mendiami beberapa desa di Kecamatan Kapuas dan Sekayam di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Sebagian juga ditemukan di Kecamatan Sejangkung di Kabupaten Sambas. Jumlah populasinya sekitar 17.500 jiwa.

Suku Suruk

Orang Suruk mendiami beberapa kampung di wilayah Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya diperkirakan sekitar 6.000 jiwa.

Suku Taba

Orang Taba atau Dayak Perairan mendiami beberapa desa di daerah bagian pesisir wilayah Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya sekitar 2.500 jiwa

Suku Taman

Orang Taman oleh sebagian ahli dianggap bagian dari kelompok suku bangsa Maloh. Masyarakat ini berdiam di wilayah Kecamatan Kembayan, Sekadau Hilir, Nanga Taman, Nanga Mahap di Kabupaten Sanggau, dan di Kecamatan Bunut Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Populasinya sekitar 35.000 jiwa.

Suku Telaga

Orang Telaga berdiam di desa Serimbau dalam wilayah Kecamatan Air Besar, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya diperkirakan sekitar 4.500 jiwa.

Referensi : Depdikbud 1989
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Di Kalimantan Barat Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Di Kalimantan Barat Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya