loading...

Suku-Suku Di Kalimantan Tengah

Suku Sarbas

Orang Sarbas atau Saribas adalah salah satu sub suku dari suku bangsa Iban yang berdiam di sekitar daerah Saribas, Kalimantan Tengah.

Ilustrasi Suku-Suku Di Kalimantan Timur

Suku Sebayau

Orang Sebayau adalah salah satu sub suku bangsa Iban yang berdiam disekitar daerah aliran Sungai Lundu, di Provinsi Kalimantan Tengah.

Suku Seru

Orang Seru atau Sru adalah sub suku dari suku bangsa Iban yang berdiam di sekitar daeraj Kalaka, Provinsi Kalimantan Tengah dan sebagian lagi berdiam di wilayah Serawak, Malaysia.

Suku Skrang

Orang Skrang adalah salah satu sub suku dari suku bangsa Iban yang berdiam di sekitar daerah aliran Sungai Skrang, Provinsi Kalimantan Tengah.

Suku Bakumpai

Suku Bakumpai berasal bagian hulu dari bekas Distrik Bakumpai sedangkan di bagian hilirnya adalah pemukiman orang Barangas (Baraki). Sebelah utara (hulu) dari wilayah bekas Distrik Bakumpai adalah wilayah Distrik Mangkatip (Mengkatib) merupakan pemukiman suku Dayak Bara Dia atau Suku Dayak Mangkatip.

Suku Bakumpai maupun suku Mangkatip merupakan keturunan suku Dayak Ngaju dari Tanah Dayak. Suku Bakumpai banyak mendapat pengaruh bahasa, budaya, hukum adat, dan arsitektur Banjar, karena itu suku Bakumpai secara budaya dan hukum adat termasuk ke dalam golongan budaya Banjar, namun secara bahasa, suku Bakumpai memiliki kedekatan dengan bahasa Ngaju.

Referensi : Depdikbud 1989
Kamu sedang membaca artikel tentang Suku-Suku Di Kalimantan Tengah Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Suku-Suku Di Kalimantan Tengah Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya