Ensiklopedia Suku-Suku Di Nusa Tenggara

Suku Lomblen

Suku bangsa Lomblen mendiami daratan Pulau Lomblen yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Flores Timur, di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suku Pantar

Suku bangsa Pantar berdiam di Pulau Pantar. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kabupaten Flores Tengah. Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suku Riung

Orang Riung berdiam di Pulau Flores bagian tengah, yaitu di sebelah utara wilayah orang Ngada di Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suku Sikka

Suku bangsa Sikka berdiam di daerah antara Lio dan Larantuka, yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Sikka. Daerah tersebut berada di daratan Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suku Solor

Suku bangsa Solor disebut juga orang Holo, Solot, atau Ata Kiwan. Mereka mendiami daratan Pulau Solor yang terletak di sebelah selatan Pulau Adonara, di sebelah timur Pulau Flores. Daerah itu termasuk dalam wilayah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suku Sawu

Orang Sawu atau Sabu atau Savu mendiami Pulau Sawu dan Pulau Raijua di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu di Kecamatan Sawu Timur dan Sawu Barat.

Suku Sumba

Nama suku bangsa ini mungkin berasal dari kata humba yang berarti "asli". Mereka menyebut diri sebagai Tau Humba atau penduduk asli yang mendiami Pulau Sumba. Wilayah mereka sekarang meliputi Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Timur.

Suku Sasak

Orang Sasak mendiami Pulau Lombok di deretan pulau-pulau Nusa Tenggara (Sunda Kecil). Jumlah populasinya sekitar 1,8 juta jiwa.

Referensi : Depdikbud 1989
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Ensiklopedia Suku-Suku Di Nusa Tenggara Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ensiklopedia Suku-Suku Di Nusa Tenggara Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya