loading...

Sejarah Suku Ngaju Di Kalimantan

Suku Dunia ~ Mata pencaharian orang Ngaju adalah bercocok tanam di ladang. Tanaman pokok mereka adalah padi, ketela, ubi kayu, kedelai, sayur mayur dan buah-buahan. Pekerjaan berburu dan menangkap ikan di sungai masih dilakukan oleh sebagian warganya.

Masyarakat Suku Ngaju

Rumah-rumah Suku Ngaju berdiri sejajar dengan tepi sungai. Sebagian besar di antara mereka masih berdiam di rumah-rumah panjang yang dihuni oleh beberapa keluarga inti yang masih bagian dari satu klen kecil.

Kekerabatan Suku Ngaju

Prinsip kekerabatan Suku Ngaju bersifat ambilineal, karena garis keturunan bukan hanya dikaitkan dengan cikal bakal pihak ayah tetapi juga dengan pihak ibu, karena itu dulu mereka amat menghormati roh nenek moyangnya. Bentuk perkawinan yang ideal menurut mereka adalah antara gadis dan bujang yang bersaudara sepupu derajat kedua (hajenan), yaitu sepupu dari kakek yang bersaudara.

Referensi : Danandjaja 1983, King 1985
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Ngaju Di Kalimantan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Ngaju Di Kalimantan Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya