loading...

Sejarah Suku Makasai Di Timor Leste

Suku Dunia ~ Orang Makasai mendiami sebagian besar daerah Baukau, dan sebagian lagi didaerah Ossu, Wekeke (Viqueque).

Bahasa Suku Makasai

Bahasa Makasai dianggap termasuk kelompok bahasa Papua. Akan tetapi dalam pergaulan dengan masyarakat suku bangsa lain di Timor Leste mereka suka memakai bahasa Tetun sebagai bahasa pergaulan. Jumlah populasi sekitar 70.000 jiwa.

Mata Pencaharian Suku Makasai

Walaupun sebagian besar daerah mereka termasuk gersang mereka banyak juga yang hidup sebagai petani di sawah dan ladang. Sebagian daerah mereka memang cocok untuk bersawah. Peternakannya terutama memelihara kerbau, kuda, dan babi. Sekarang juga dikembangkan ternak biri-biri, sapi, dan kambing. Ternak-ternak itu biasanya hanya dipakai untuk keperluan adat, seperti upacara keagamaan dan untuk mas kawin. Kerbau sering juga dimanfaatkan untuk melunyah sawah sebelum ditanami padi. Pemakaian pacul dan bajak untuk menggarap ladang atau sawah tidak dikenal oleh masyarakat ini.

Referensi : Lapian dan Chaniago 1989, Masinambaw 1980, Suparlan 1980
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Makasai Di Timor Leste Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Makasai Di Timor Leste Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya