Sejarah Suku Buol Di Sulawesi

Suku Dunia ~ Suku bangsa ini mendiami kecamatan Biau, Bokat, Bunobugu, Momunu dan Paleleh, di Kabupaten Buol Toli-Toli, Provinsi Sulawesi Tengah. Mereka berdiam di 68 buah desa. Jumlah populasinya sekitar 65.000 jiwa. Bahasa Buol dekat dengan bahasa Toli-Toli dan bahasa Gorontalo.

Mata Pencaharian Suku Buol

Mata pencaharian utama masyarakat ini adalah bertani di sawah dan ladang, tanaman pokok mereka adalah padi. Di ladang mereka menanam cengkeh, pala, kelapa, kopi, dan berbagai macam palawija lain.

Kemasyarakatan Suku Buol

Walaupun dalam hubungan kekerabatan masyarakat ini cenderung untuk bilateral, namun karena pengaruh Islam garis keturunan sering ditarik secara patrilineal. Pada zaman dulu mereka mengenal sistem pemerintahan berbentuk kerajaan-kerajaan kecil dan pengaruhnya pada pelapisan sosial masih terasa sedikit sampai sekarang. Di masa lalu mereka mengenal adanya golongan tau poyogdiya, yaitu para raja-raja dan keluarganya, tau wayu, yaitu golongan bangsawan para pembantu raja dan pembesar kerajaan, tau wanom, golongan bangsawan kecil, tau pat yaitu golongan rakyat biasa, dan dibawah sekali adalah golongan budak.

Baca juga Suku Lainnya Di Sulawesi :

Agama Dan Kepercayaan Suku Buol

Orang Buol pada umumnya memeluk agama Islam. Kepercayaan religi asli mereka sendiri mengajarkan pemujaan kepada Gunung Pogugul, yang dianggap sebagai tempat asal mula nenek moyang mereka.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Buol Di Sulawesi Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Buol Di Sulawesi Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya