Sejarah Suku Banjar Di Kalimantan

Suku Dunia ~ Orang Banjar adalah suku bangsa yang tergolong mayoritas dan dominan di Provinsi Kalimantan Selatan. Beragam pendapat tentang asal kata Banjar. Kebanyakan orang beranggapan bahwa masyarakat ini mendapat pengaruh dari Jawa pada abad ke-17. Setelah berbentuk kesultanan pengaruh tersebut disebarkan kepada penduduk pedalaman.


Orang Banjar masih bagian dari rumpun bangsa Melayu, terutama dari ciri-ciri bahasa dan kebudayaannya. Suku bangsa asli yang mendiami pedalaman Kalimantan, orang Dayak menyebut mereka Oloh Masih (orang Melayu) dan pemimpinnya digelari Patih Masih.

Sewaktu daerah itu menjadi Kesultanan Banjarmasih (kemudian Banjarmasin), penduduknya disebut Urang Banjar. Istilah ini meluas untuk semua penduduk yang memeluk agama Islam. Orang Dayak yang memeluk agama Islam juga menyebut diri mereka Urang Banjar, sebagian dari orang Bukit.

Populasi Suku Banjar

Jumlah orang Banjar sekarang sekitar 150.000 jiwa. Bahasa Banjar termasuk ke dalam rumpun bahasa Melayu dan sebagai bahasa pengantar bagi suku bangsa di Kalimantan Selatan.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Banjar Di Kalimantan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Banjar Di Kalimantan Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya