Sejarah Suku Kaxabu Di Taiwan

Suku Dunia ~ Suku Kaxabu adalah salah satu suku asli (origin) atau (pingpu) di Formosa Taiwan, yang berada di Puli Township, Nantou County, Taiwan.


Bahasa Suku Kaxabu berbicara dalam bahasa Kaxabu. Bahasa Kaxabu sendiri memiliki keterkaitan erat dengan Pazeh. Dengan begitu, orang Kaxabu beserta bahasanya sering dianggap sebagai varian dari bahasa Pazeh.

Orang Kaxabu, sebagai suku asli, tetapi seperti banyak kelompok pingpu/origin lain yang tinggal di daerah dataran rendah, banyak menyerap budaya Cina Han. Mereka banyak kehilangan identitas budaya, bahasa, dan etnis. Mereka juga tidak resmi diakui sebagai suku asli karena tidak mendaftarkan identitas etnis mereka pada 1950.


Ketika masa-masa penjajahan Jepang di Taiwan, pada 1954, orang Kaxabu dianggap sebagai suatu masyarakat adat. Pemerintah Nasionalis Cina mendaftar dan mengatur tentang pendaftaran rumah tangga masyarakat Kaxabu.

Orang Kaxabu saat ini kehilangan status asli mereka sehingga mereka dimasukkan dalam kelompok masyarakat Pazeh. Namun sejak 1999, orang Kaxabu mulai membangkitkan dan melestarikan budaya tradisional mereka. Tujuannya untuk mendapat pengakuan sebagai suku asli (origin) dari pemerintah.

Sumber :
Suku Bangsa Dunia & Kebudayaannya, penulis Pram

loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kaxabu Di Taiwan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kaxabu Di Taiwan Sebagai sumbernya

0 Response to "Sejarah Suku Kaxabu Di Taiwan"

Post a Comment

Sejarah Suku Lainnya