loading...

Sejarah Suku Labala

Suku Dunia ~ Orang Labala adalah satu kelompok sosial yang berdiam dalam wilayah Kabupaten Flores Timur, yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).


Mereka umumnya berdiam di bagian selatan pulau Lomblem. Pasa masa kini jumlah orang Labala tidak diketahui secara pasti di antara penduduk Kabupaten Flores Timur umumnya, yang misalnya pada tahun 1986 berjumlah 272.913 jiwa.

Di pulau Lomblem yang kini terbagi atas lima wilayah kecamatan itu, orang Labala hidup berdampingan dengan kelompok asal lainnya yaitu orang Kedang, dan beberapa kelompok etnis lainnya.

Secara umum budaya orang Labala mempunyai persamaan dengan kelompok-kelompok lainnya di Kabupaten ini, namun dalam unsur kebudayaan tertentu tampak ada variasi, misalnya dalam hal bahasa.

Orang Labala memiliki bahasa sendiri yakni bahasa Labala, yang tergolong ke dalam rumpun bahasa Ambon-Timur.

Sesungguhnya kalau ada variasi budaya dan bahasa itu tentunya karena pada masa lalu ada isolasi alam dan terbatasnya teknologi komunikasi.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Labala Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Labala Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya