loading...

Sejarah Suku Kupol

Suku Dunia ~ Orang Kupol atau biasa pula disebut orang Ketengban adalah satu kelompok etnik, yang merupakan salah satu penduduk asal di Provinsi Papua.

Mereka berdiam dalam wilayah Kecamatan Okbibab, Kabupaten Jayawijaya. Kecamatan ini berpenduduk 17.296 jiwa pada tahun 1985.


Sumber penelitian ilmu Linguistik mengungkapkan bahwa mereka adalah penutur bahasa Kupol atau bahasa Ketengban, dengan jumlah penutur sekitar 11.000 orang. Bahasa ini masih bisa dibagi lima dialek. Bahasa ini termasuk rumpun bahasa Papua.

Informasi lebih jauh tentang kebudayaan masyarakat Kupol ini belum dapat diperoleh. Namun, apabila dilihat dari budaya kelompok tetangganya seperti orang Ngalum, jelas masih dalam keadaan terbelakang.

Mereka masih hidup dengan mata pencaharian bercocok tanam dengan sistem ladang berpindah.

Teknologi sederhana dan sistem pengetahuan bersahaja lamban berubah karena lamanya terkurung dalam lingkungan yang terisolasi.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kupol Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kupol Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya