Sejarah Suku Kemaghama

Suku Dunia ~ Kimaghama adalah salah satu kelompok penduduk yang mendiami pulau Dolak (Frederik Hendrik). Pada masa terakhir pula ini dinamakan pula pulau Yos Sudarso.


Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Pulau Dokal termasuk wilayah Kecamatan Kimaan. Pada tahun 1987 jumlah penduduk Kecamatan Kimaan adalah 10.644 jiwa, dimana termasuk orang Kimaghama. 

Pada tahun 1970 orang Kimaghama diperkirakan sekitar 3.000 orang, yang sekaligus sebagai penutur bahasa Kimaghama. Bahasa ini termasuk ke dalam rumpun bahasa Papua.

Sesungguhnya di pulau Dokal masih terdapat kelompok-kelompok lain yang berbeda bahasanya. Sebagai contoh di pantai selatan pulau ini berdiam 300 orang penutur bahasa Koneraw, 450 orang penutur bahasa Ndom, dan lain-lain. Kedua bahasa yang disebut terakhir pun termasuk ke dalam rumpun bahasa Papua.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Kemaghama Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Kemaghama Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya