loading...

Sejarah Suku Borto

Suku Dunia ~ Suku atau Orang Borto adalah satu kolektifa yang daerah asalnya adalah di hulu sungai Tor. Sungai ini bermuara di pantai Utara dalam wilayah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Pada tahun 1959 sekelompok orang Borto menghilir menyusuri aliran sungai tadi dan sampai di daerah pantai. Migrasi berbagai kelompok masyarakat pedalaman semacam ini sudah berlangsung sejak sekitar satu abad sebelumnya.


Latar belakang terjadinya migrasi ini antara lain karena kekurangan bahan makanan atau karena konflik dengan kelompok lain.

Di daerah asalnya, mereka hidup dari meramu dan berburu. Setibanya di daerah pantai kebetulan mereka diberi tanah dan hutan sagu oleh orang-orang desa Tromta.

Tanah tadi digunakan untuk berkebun dan hutan sagi diambil sagunya sebagai bahan makanan.

Di sini mereka mendirikan desa dan desa itu dinamakan desa Srum. Kalau di sini mereka kehabisan bahan makanan maka mereka kembali lagi mencari makan dengan cara berburu dan meramu.

Yang dilukiskan di atas adalah keadaan sekitar empat dasawarsa yang lalu, sedangkan keadaan pada masa terakhir belum dapat diketahui lagi.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Borto Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Borto Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya