Sejarah Suku Bem

Suku Dunia ~ Bem yang biasa pula disebut Umaq Bem merupakan sub kelompok dari orang Dayak Kenyah. Daerah asal kelompok Bem ini, seperti orang Kenyah umumnya, adalah di dataran tinggi Apo Kayan.


Dataran tinggi ini berada di bagian barat dan termasuk Kabupaten Bulungan di Provinsi Kalimantan Timur. 

Dataran tinggi ini menjadi hulu dari beberapa sungai besar seperti sungai Mahakam, sungai Kayan, wilayah asal orang Bem di Apo Kayan terutama di Muara Bem, yang kini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Kayan Hulu.

Seperti kelompok orang Kenyah lainnya, orang Bem ini ada yang bermigrasi ke luar daerah asalnya. Kini mereka ada yang berdiam di desa Long Le'es, Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai.

Latar belakang migrasi ini bermotif ekonomi dan mereka juga ingin mendapat kemajuan, karena selama rentang sejarah kehidupannya, mereka seperti terbelenggu di tengah rimpa tropis yang jauh ke semua penjuru, ke arah pantai.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Bem Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Bem Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya