Sejarah Suku Bolaang Uki

Suku Dunia ~ Bolaang Uki merupakan salah satu kelompok sosial yang berdiam di Kecamatan Bolaang Uki dan termasuk bagian dari wilayah administratif Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.


Kecamatan ini terletak di pesisir selatan Teluk Tomini, yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo.

Jumlah orang Bolaang Uki tidak diketahui secara tepat, namun mereka terutama berdiam di Kecamatan Bolaang Uki yang penduduknya sekitar 20.500 jiwa pada tahun 1986.

Mereka menggunakan bahasa atau dialek yang disebut Bolango atau Molibagu. Mereka ini adalah orang-orang dari Kerajaan Bolango yang berkedudukan di daerah Gorontalo, yang kemudian menyingkir ke daerah Bolaang Mongondow pada tahun 1862, karena berselisih dan tidak mau tunduk pada kekuasaan Belanda.

Di tempat yang baru ini mereka mendirikan kerajaan lagi yang bernama kerajaan Bolaang uki, dimana sekarang kerajaan itu sudah tidak ada lagi. Konon kerajaan itu kasih ada sampai dengan tahun 1950.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Bolaang Uki Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Bolaang Uki Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya