Sejarah Suku Badat

Suku Dunia ~ Badat adalah satu kelompok orang Dayak yang mendiami wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Kelompok ini bermukim di wilayah Kabupaten Sanggau, terutama di wilayah Kecamatan Sekayam.


Pihak Kementerian Sosial mengkategorikan sebagian dari mereka sebagai kelompok masyarakat terasing.

Pada tahun 1974 jumlah mereka di Kabupaten Sanggau sebesar 751 jiwa. Dalam kecamatan Sekayam Dayak Badat ini bertetangga dengan sejumlah kelompok kecil Dayak lainnya, misalnya Dayak Sungkung, Senangkang, Babok, Seruah, Empayuh, Sisang, Galik, Pos, Gun, dan lain-lain.

Akses untuk ke wilayah suku ini lebih mudah dari Malaysia meskipun berjalan kaki melewati hutan dan mendaki Gunung Peneresen. 

Bahasa suku Dayak Badat biasa juga disebut bahasa Badat. Secara umum bahasa Badat memperlihatkan ciri-ciri Bidayuhik. Bahkan kelompok ini dapat saling paham dengan beberapa bahasa yang dituturkan Dayak Gun, Sikukng, Suruh, Sontas, maupun Dayak Entabangg. 

Wilayah penyebaran Dayak Badat di Kabupaten Sanggau hanya tersebar di Kecamatan Entikong, Perbatasan Sarawak.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Badat Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Badat Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya