loading...

Sejarah Suku Jalan

Suku Dunia ~ Jalan atau biasa disebut Umaq Jalan merupakan sub-kelompok dari orang Dayak Kenyah. Daerah asal mereka, seperti orang Dayak Kenyah umumnya, adalah dari dataran tinggi Apo Kayan.


Daerah Apo Kayan merupakan bagian dari Wilayah Kabupaten Bulungan, di Provinsi Kalimantan Timur. Daerah yang menjadi hulu dari beberapa sungai besar di Kalimantan, seperti sungai Kayan, sungai Mahakam.

Apo Kayan jauh dari pantai kesemua arah. Orang Kenyah, termasuk kelompok Umaq Jalan, hidup terisolasi dari dunia lar, terkurung oleh lingkungan alam dengan hutan perawannya.

Orang Umaq Jalan bermukim terutama di daerah yang disebut Long Ampung, bagian wilayah Kecamatan Kayan Hulu dalam Kabupaten Bulungan tadi. Namun kini, sebagian dari mereka ada bermigrasi ke luar tanah asalnya, misalnya ke Kabupaten Kutai dan Kabupaten Berau. Di Kabupaten Kutai, mereka berdiam antara lain di desa Long Segar, Kecamatan Muara Wahau, sedangkan di Kabupaten Berau berdiam antara lain di desa Malinau, Kecamatan Segah.

Latar belakang migrasi mereka ini lebih bermotif ekonomi dan melepaskan diri keterkecuali dalam rentang zaman yang panjang.

Mereka telah mendengar, bahwa di luar dunia mereka telah terjadi macam-macam kemajuan, karena itu mereka pun berkeinginan untuk turut menikmatinya.

Itulah sebabnya mereka pindah, yang sebagian dengan cara bedol desa, membawa anggota keluarga mulai dari orok sampai kepada yang sudah gaek, melalui perjalanan yang berat dan melelahkan.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Jalan Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Jalan Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya