loading...

Sejarah Suku Haruku

Suku Dunia ~ Haruku adalah salah satu kolektifa yang mendiami pulau Haruku. Pulau ini sekaligus merupakan sebuah Kecamatan, yaitu Kecamatan Haruku, sebagai bagian dari wilayah administratif Kabupaten Tengah, Provinsi Maluku.


Pada tahun 1985 penduduk Kecamatan Pulau Haruku berjumlah 25.114 jiwa. Tradisi lisan menunjukkan bahwa asal usul penduduk pulau Haruku ini adalah dari pulau Seram.

Penduduk pulau ini masih bisa dilihat dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil secara khusus. Kelompok-kelompok kecil itu seringkali berdasarkan desa-desa tempat kediaman mereka, misalnya penduduk desa Pelauw disebut orang Pelauw, demikian juga orang Oma Sameth, orang Oma, orang Haruku, yaitu sama dengan nama desanya.

Penduduk pulau ini umumnya hidup dari pertanian dan menangkap ikan. Dalam pertanian, mereka menanam ubi-ubian, ketela pohon, pisang, kelapa, cengkeh.

Kegiatan mata pencaharian ini dilakukan atas kerja sama kaum pria dan kaum wanita. Dalam pertanian dikenal adat sasi, yaitu larangan untuk mengambil hasil pertanian sebelum waktunya.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Haruku Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Haruku Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya