loading...

Sejarah Suku Huang Tering

Suku Dunia ~ Orang Huang Tering adalah salah satu sub kelompok orang Dayak Bahau. Mereka berdiam di desa Tering, Tukul, dan Muyuh di pinggir aliran sungai Mahakam.


Desa ini termasuk wilayah Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai, Provinsi Kalimantan Timur.

Sejarah lisan menunjukkan bahwa mereka berasal dari Telaang Usaan di Serawak, karena itu dahulunya orang Tering sering disebut Huang Tering Telaang Usaan.

Pada waktu masih disana, mereka mendiami dua buah lamin (Bataang Uma'i), yang masing-masing dipimpin oleh Bo' Ibau Yang Aya' dan Bo' Avoo' Wang. 

Sekitar tahun 1600 Bo' Ibau Yang Aya' beserta anak buahnya pindah ke Apo Kayan, sedangkan kelompok lainnya tinggal di Telaang Usaan.

Apo Kayan kini merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bulungan. Kelompok yang pindah ke dataran tinggi Apo Kayan berdiam di suatu tempat yang mereka sebut Apo Tering.

Apo Tering kini termasuk wilayah Kecamatan Long Pujungan, Kabupaten Bulungan.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Huang Tering Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Huang Tering Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya