Sejarah Suku Duri

Suku Dunia ~ Orang Duri biasa juga disebut orang Massenrengpulu, berdiam dalam wilayah Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan.


Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja di bagian utara, di bagian timur sampai selatan berbatasan dengan Kabupaten Luwu dan Kabupaten Sidenreng Rappang, dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pinrang.

Daerah Kabupaten Enrekang ini merupakan peralihan antara masyarakat Bugis dan Toraja. Mereka menggunakan bahasa dengan dialek khusus yaitu dialek Duri.

Bahasa Suku Duri ini dapat dimengerti oleh orang Bugis dan orang Toraja.

Sensus penduduk tahun 1990 mencatat jumlah penduduk Kabupaten Enrekang adalah 147.079 jiwa. Dalam jumlah tersebut tidak diketahui secara pasti berapa jumlah orang Duri.

Penduduk tersebut di atas tersebar dalam lima buah kecamatan, yaitu kecamatan Enrekang, Maiwa, Baraka, Anggareja, dan Alia. Anggota masyarakat kabupaten ini umumnya hidup dari pertanian, dengan tanaman padi, jagung, kedelai, kelapa, kopi, jeruk, pisang, pepaya, serta hasil hutan lainnya.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Duri Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Duri Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya