loading...

Sejarah Suku Desa

Suku Dunia ~ Suku Desa adalah salah satu kelompok orang Dayak yang mendiami wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Mereka berada di wilayah Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sanggau.


Di Kabupaten Sintang kelompok ini berdiam dalam empat wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Sintang, Kecamatan Tempunak, Kecamatan Sepauk, Kecamatan Dedai, Kecamanatn Kayan Hilir.

Di Kabupaten Sanggau, Dayak Desa ini berdiam dalam wilayah Kecamatan Meliau.

Oleh pihak Departemen Sosial pada tahun 1974 sebagian dari mereka (845 jiwa) masih dikategorikan sebagai kelompok "masyarakat terasing". Kelompok ini adalah yang berdiam di Kabupaten Sanggau.

Di berbagai kecamatan tadi mereka berdiam bersama dengan sejumlah kelompok kecil Dayak lainnya. Di Kecamatan Sintang mereka bertetangga dengan kelompok Dayak Linoh, Kantuk, Sebaruk, Lebang, Seberuang.

Demikian juga di Kecamatan Tempunak mereka bertetangga dengan Dayak Linoh dan Seberuang.

Di Kecamatan Dedai mereka bertetangga dengan kelompok Dayak Lebang dan Randuk, sedangkan di Kecamatan Hilir bertetangga dengan kelompok Dayak Lebang, Undau, Kebahan, dan Barai. Dalam Kecamatan Meliau di Kabupaten Sanggau mereka bertetangga dengan kelompok Dayak Tebang.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Desa Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Desa Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya