Sejarah Suku Bintauna

Suku Dunia ~ Orang Bintauna adalah salah satu sub kelompok dari suku bangsa Bolaang Mongondow, yang berdiam di dalam wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.


Wilayah asal orang Bintauna sekarang merupakan wilayah Kecamatan Bintauna, sebagai bagian dari Kabupaten Bolaang Mongondow tadi.

Jumlah orang Bintauna tidak diketahui lagi secara pasti, namun sebagian besar dari mereka bermukim di Kecamatan Bintauna, yang pada tahun 1986 berpenduduk sekitar 10.000 jiwa.

Mereka mempunyai bahasa sendiri, yang diperkirakan merupakan salah satu dialek dari bahasa Mongondow, yaitu dialek Bintauna.

Apabila mereka harus berkomunikasi dengan orang luar, biasanya mereka menggunakan bahasa Melayu Manado atau bahasa Indonesia.

Sebelum masuknya kekuasaan Belanda ke daerah ini, Bintauna merupakan sebuah kerajaan kecil, yaitu kerajaan yang bernama kerajaan Bintauna juga.

Secara umum budaya orang Bintauna bersamaan dengan budaya sub kelompok lain dari suku bangsa Bolaang Mongondow.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Bintauna Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Bintauna Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya