Mengenal Suku Bungku di Sulawesi Tengah

Suku Dunia ~ Bungku adalah suku bangsa yang disebut juga To Bungku, berdiam di wilayah Kecamatan Bungku Utara. Bungku Selatan, Bungku Tengah dan Merui di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.


Orang Bungku terbagi lagi atas beberapa sub-suku bangsa, yaitu, Lambatu, Epe, Rete, Ro'Uta dan Wowoni.
Menururt sensus tahun 1982, penduduk asli Bungku sekitar 40.452 jiwa.

Mata pencaharian utama mereka adalah bertani, dengan tanaman pokok padi, jagung, ubi, di sampng berkebun kelapa serta meram sagu. Daerah mereka juga menghasilkan damar dan rotan.

Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Bungku atau Bungku Laki, yang serumpun dengan bahasa-bahasa Fillipina. Bahasa ini masih dapat dibagi atas beberapa logat atau dialek, yakni dialek Taa, Merui dan Lalaeo. Masyarakat pendatang di daerah ini memakai juga bahasa-bahasa lain, seperti bahasa Bugis, Buton, Bajo, dan Jawa.

Namun antara orang Bungku dan pendatang dipakai bahasa Indonesia. Sudah banyak terjadi kawin campur antara orang Bungku dan pendatang, karena itu hubungan antarsuku bangsa di daerah ini cukup baik.

Dulu masyarakat Bungku mengenal tiga lapisan masyarakat: lapisan atas, para kepala suku; lapisan tengah, rakyat biasa; dan lapisan bawah, para budak.

Sekarang sebagian besar orang Bungku memeluk agama Islam. Walaupun demikian unsur-unsur kepercayaan lama masih tetap kelihatan, misalnya kepercayaan terhadap berbagai roh.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Mengenal Suku Bungku di Sulawesi Tengah Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengenal Suku Bungku di Sulawesi Tengah Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya