loading...

Sejarah Suku Airoran

Suku Dunia ~ Airoran berdiam di tepi barat sungai Apauwar, termasuk wilayah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Daerah ini berada di bagian utara punggung pulau Papua.


Mereka juga merupakan penutur satu kelompok bahasa, termasuk penutur bahasa Adora, Iriemkena, Sasawa, yang disebut rumpun bahasa Airoran.

Menurut perkiraan tahun 1970-an jumlah penutur bahasa ini adalah sekitar 400 orang. Ada perkiraan bahasa-bahasa ini akan punah dari muka bumi, karena jumlah penuturnya yang relatif sedikit. Bahasa ini tergolong bahasa Irian.

Mereka umumnya hidup dari pengumpulan sagu sesuai dengan informasi yang ada sekitar tahun 1960.

Pada masa itu mereka juga memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berburu mulai dari binatang kecil, seperti kadal sampai babi hutan, burung-burung, serta menangkap ikan.

Hubungan kerabat karena hubungan darah dan perkawinan tidak begitu luas ingatan mereka, tidak lebih luas dari pada mertua dan paa ipar. Penarikan garis keturunan menurut prinsip patrilineal dan adat menetap sesudah nikah adalah patrilokal.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Airoran Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Airoran Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya