loading...

Sejarah Suku Tomini

Suku Dunia ~ Suku bangsa Tomini ini terbagi menjadi beberapa sub-suku, yaitu orang Moutong, Dondo, Boano, Umalasa, Balaesang, Tinombo, Patapa, Dampelas, Kasimbar dan Toli-Toli. 

Suku bangsa Tomini umumnya berdiam di dalam wilayah Kecamatan Moutong, Tomini dan Ampibabo di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Populasinya diperkirakan berjumlah sekitar 75.000 jiwa. Bahasa Tomini masih serumpun dengan bahasa Kaili.
 

Mata Pencaharian Suku Tomini

Makanan pokok mereka pada awalnya adalah sagu, kemudian mereka mulai pertanian di ladang dengan menanam padi dan jagung. Sistem irigasi mulai dikenal tahun 1900-an. Tanaman komoditi yang dikembangkan, kopra, cengkeh dan kopi. Meramu hasil hutan dan berburu masih dilakukan sebagian kelompok sebagai mata pencaharian.

Masyarakat Suku Tomini

Sistem hubungan kekerabatannya bilateral dan memakai prinsip garis hubungan keturunan yang ambilineal.
Pada zaman dulu mungkin terjadi pelapisan sosial yang agak tajam karena pengaruh sistem pemerintahan kerajaan-kerajaan kecil. Sekarang pelapisan sosial lama itu boleh dikatakan sudah hilang.

Agama Dan Kepercayaan Suku Tomini

Masyarakat Tomini telah memeluk agama Islam, tetapi upacara-upacara tertentu yang berdasarkan kepercayaan asli mereka masih sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakatnya.

Referensi : Lebar 1972
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Tomini Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Tomini Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya