Sejarah Suku Sarmi Di Papua

Suku Dunia ~ Orang Sarmi berdiam di antara daerah aliran Sungai Memberamo dan Sungai Tor yang mengalir ke pantai utara Papua. Batas wilayah persebaran mereka di pedalaman sampai ke kaki pegunungan dan danau-danaunya.

Daearah mereka berupa dataran rendah berawa-rawa dan mereka sendiri mendirikan perkampungan di pinggir sungai-sungai. Jumlah populasinya sekitar 400 jiwa.

Mata Pencaharian Suku Sarmi

Mata pencaharian masyarakat suku sarmi ini adalah mengolah sagu yang pohonnya banyak tumbuh liar di hutan berawa-rawa. Lauk pauk, mereka peroleh dari perburuan babi, kuskus, burung serta menangkap ikan dan udang di sungai-sungai.

Di tanah yang cukup kering mereka juga berusaha menanam ubi, keladi, labu, pisang, dan tembakau untuk keperluan sehari-hari.

Masyarakat Suku Sarmi

Orang Sarmi hidup mengelompok dalam kesatuan kekerabatan yang bilateral sifatnya. Bentuk kesatuan kekerabatan yang paling penting adalah keluarga besar yang terdiri dari satu keluarga seorang lelaki dan keluarga anak-anak lelakinya.

Orang Sarmi pada umumnya sesudah menikah tinggal di lingkungan keluarga pihak lelaki. Walaupun begitu hubungan kekerabatan dengan pihak ibu tetap penting, terutama dalam rangka inisiasi bagi pemuda dan anak gadis.

Referensi : Depdikbud 1989
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Sarmi Di Papua Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Sarmi Di Papua Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya