Sejarah Suku Ranau Di Sumatera

Suku Dunia ~ Suku bangsa Ranau diperkirakan berjumlah sekitar 33.000 jiwa. Mereka bermukim di dusun-dusun dalam Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Sebagian lain berdiam di wilayah Kabupaten Lampung Utara. Di sana mereka dikenal sebagai golongan masyarakat Beradat Ranau. Bahasa Ranau dianggap sama dengan bahasa Lampung dan masih bagian kelompok bahasa Melayu, dialek Ranau.

Mata Pencaharian Suku Ranau

Sebagian besar penduduk Suku Ranau hidup dari pertanian di sawah dan ladang, selain dari pekerjaan sebagai pedagang, tukang kayu, pengrajin alat-alat rumah tangga dan lain-lain.

Kekerabatan Suku Ranau

Hubungan kekerabatan Suku Ranau cenderung bilateral. Masyarakat ini mungkin terbagi ke dalam kelompok suku (dalam arti separuh masyarakat secara genealogis), ada yang disebut suku balak dan suku lunik. Dalam kehidupan sosial tradisionalnya dikenal pemimpin adat yang disebut raja adat. Masyarakat ini menganut agama Islam.

Referensi : Depdikbud 1989
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Ranau Di Sumatera Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Ranau Di Sumatera Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya