Sejarah Suku Manggarai

Sejarah Suku Manggarai ~ Suku bangsa Manggarai mendiami Kabupaten Manggarai yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah populasinya sekitar 350.000 jiwa. Bahasa Manggarai nampaknya terdiri atas beberapa dialek, seperti dialek Pae, Mabai, Rejong, Mbaen, Pota, Manggarai Tengah, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat. Empat dialek terdepan mungkin merupakan bahasa dari kelompok suku bangsa tersendiri yang tunduk kepada orang Manggarai di zaman dulu.


Pada zaman dulu di Manggarai terdapat sebuah kerajaan. Pada masa sekarang sisa-sisanya masih kelihatan berupa pembagian wilayah tradisional ke dalam wilayah adat yang disebut dalu. Pada zaman dulu jumlah dalu ini sampai 39 buah. Tiap-tiap dalu dikuasai oleh satu klen atau wau tertentu. Dalam setiap dalu terdapat beberapa buah glarang dan di bawahnya lagi terdapat kampung-kampung yang disebut beo. Orang-orang dari wau yang dominan dan menguasai dalu menganggap diri mereka sebagai golongan bangsawan. Antara satu dalu dengan dalu lainnya sering mengadakan aliansi perkawinan dalam sistem yang mereka sebut perkawinan tungku (semacam perkawinan sepupu silang). Antara dalu dengan glarang sering pula terjadi perkawinan, karena sebuah glarang umumnya juga dikuasai oleh sebuah wau dominan.

Dalu sebagai bawahan kerajaan dipimpin oleh seorang kraeng, yang biasanya dipanggil Kraeng Adak. Kraeng yang dianggap berjasa berhak memperoleh gelar Sangaji dari raja. Sementara itu adanya wau yang dominan itu maka dalam masyarakat Manggarai terdapat pelapisan sosial yang cukup jelas. Pertama adalah golongan yang menganggap dirinya bangsawan, yang biasanya memakai gelar kraeng. Kedua adalah golongan rakyat biasa yang disebut ata lahe. Golongan ketiga adalah hamba sahaya atau mendi. Tentu saja pada zaman sekarang pelapisan sosial ini sudah semakin kabur. Baca juga Sejarah Suku Alor

Mata Pencaharian Suku Manggarai

Mata pencaharian sebagian besar suku Manggarai adalah bercocok tanam di ladang dan di sawah. Pada umumnya mereka menanam padi, jagung, ubi kayu dan sayur. Hewan ternak yang paling utama di daerah masyarakat ini adalah kuda.

Kekeluargaan Suku Manggarai

Keluarga inti mereka sebut cak kilo. Keluarga-keluarga inti ini bergabung dalam keluarga batih patrilineal (keluarga luas terbatas) yang disebut kilo. Beberapa kilo yang berasal dari satu kakek moyang yang sama tergabung menjadi klan yang disebut panga. Pada masa sekarang nampaknya panga-panga itu lebih banyak berfungsi sebagai sumber nama kekerabatan. Pada masa dulu panga-panga itu masih merupakan bagian dari klan yang lebih besar (wau).

Agama Dan Kepercayaan Suku Manggarai

Pada masa sekarang orang Manggarai sudah memeluk agama-agama besar. Wilayah Kedaluan bagian timur kebanyakan memeluk agama Katolik, Kedaluan sebelah utara, barat, dan selatan umumnya beragama Islam, dan sebagian kecil beragama Protestan. Sementara itun sisa-sisa kepercayaan lama masih terlihat di beberapa tempat. Pada zaman dulu masyarakat ini memuja roh nenek moyang (empo atau andung) dan amat hati-hati terhadap gangguan makhluk halus yang disebut golo, ata pelesina, naga, dan lain-lain. Mereka juga memiliki dewa tertinggi yang disebut Mori Karaeng.

Referensi : Depdikbud 1977/1978, Lebar 1964
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Manggarai Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Manggarai Sebagai sumbernya

1 Response to "Sejarah Suku Manggarai"

Sejarah Suku Lainnya