loading...

Sejarah Suku Lore Di Sulawesi

Suku Dunia ~ Dalam kepustakaan lama orang Lore dikelompokkan ke dalam besar orang-orang Toraja Timur. Suku bangsa Lore sering juga disebut orang Napu atau orang Bada. Mereka berdiam di dua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Poso, yaitu Kecamatan Lore Utara dan Lore Selatan, di Provinsi Sulawesi Tengah. Jumlah populasinya sekarang sekitar 15.000 jiwa.

Bahasa Suku Lore

Bahasa Lore dibedakan ke dalam dua dialek, yaitu dialek Napu atau Twaelia yang dipakai di Kecamatan Lore Utara, kemudian dialek Bada yang dipakai di Kecamatan Lore Selatan.

Mata Pencaharian Suku Lore

Sebagian orang Lore masih hidup dari pertanian di ladang dengan sistem tebang, bakar dan berpindah-pindah. Tanaman utama mereka adalah padi, jagung dan berbagai palawija lain. Mereka juga menanam kopi, cengkeh dan kelapa. Pekerjaan sampingan seperti meramu hasil hutan (kayu hitam, damar, dan rotan) serta berburu binatang liar masih dilakukan. Sebagian sudah ada yang memelihara kerbau dan babi sebagai binatang korban dalam upacara-upacara keagamaan aslinya. Pengenal sistem pemukiman menetap telah memungkinkan orang Lore untuk mengembangkan usaha memelihara ikan di tambak dan kolam. Orang Lore dikenal pula sebagai pengrajin besi, pembuat parang, pacul dan sebagainya.

Masyarakat Suku Lore

Sistem hubungan kekerabatan Suku Lore adalah bilateral. Pada zaman dulu orang Lore berada di bawah pemerintahan beberapa kerajaan kecil. Sehingga dikenal adanya pelapisan sosial yang cukup tajam, dan pada masa sekarang sisa pengaruhnya masih sedikit kelihatan. Lapisan teratas adalah golongan tuana, yaitu keturunan raja-raja. Lalu golongan kabilaha, yaitu bangsawan belas pembantu raja-raja dulu, pabisara, yaitu ketua-ketua adat, tuana moroa, yaitu lapisan rakyat biasa, terakhir adalah golongan hawik (para budak dan hamba sahaya).

Agama Dan Kepercayaan Suku Lore

Bentuk kepercayaan asli orang Lore adalah animisme. Pada masa sekarang mereka kebanyakan menganut agama Kristen Protestan.

Referensi : Lebar 1964, Depdikbud 1989, Kruyt 1933
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Lore Di Sulawesi Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Lore Di Sulawesi Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya