loading...

Sejarah Singkat Suku Indian

Suku Dunia ~ Suku Indian adalah pemukim pertama Amerika Utara yang datang dari Asia lebih dari 20.000 tahun lalu. Karena mengikuti hewan buruan, mereka mengembara melewati Selat Bering (dulu tanah genting, kini pemisah Asia dan Amerika Utara). Lambat laun mereka menetap dan berkembang menjadi berbagai suku.


Sebuah tim peneliti internasional menemukan penduduk asli Amerika terdiri dari tiga kelompok migran yang berasal dari Asia. Mereka tiba ke Amerika dalam tiga gelombang migrasi besar menyeberangi jembatan darat 15 ribu tahun lalu. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature menunjukkan semua kelompok awalnya berasal dari Siberia, lalu melewati Beringia, sebuah jembatan tanah yang menghubungkan benua Asia dan Amerika selama zaman es. Kini jembatan darat ini sudah tidak ada dan menjelma menjadi Selat Bering.

Kelompok migran pertama yang dikenal sebagai "First Americans" menghuni sebagian besar wilayah Amerika utara dan selatan. Disusul dua kelompok berikutnya yang menghuni wilayah yang sama. DNA dari kelompok kedua dan ketiga masih dapat ditemukan pada penduduk asli Amerika saat ini. Dengan mempelajari variasi urutan DNA penduduk asli Amerika, tim peneliti menemukan sebagian besar mereka berasal dari kelompok migran pertama. Sementara dua migrasi berikutnya berperan penting menambah variasi genetik.

Suku Indian di Amerika mereka menjadi kaum yang di sisihkan dari pergaulan. Apalagi sewaktu jaman columbus. mereka sempat di bantai oleh pasukan columbus dan kroni-kroninya. Karena di samping suku Indian punya lahan emas yang menjadi ajang rebutan mereka. Istilah Indian sendiri, berawal dari kedatangan bangsa Eropa pada abad 16, yang ketika bertemu dengan dengan penduduk asli, dan mengira mereka tiba di India (Asia), dan secara keliru mereka menyebut penduduk asli di benua Amerika ini sebagai "orang India" atau "Indian".

Bangsa Eropa menginginkan wilayah ini untuk dijadikan sebagai pemukiman kedua setelah benua Eropa. Maka terjadilah berbagai konflik antara bangsa Eropa dengan penduduk Asli Amerika yang disebut sebagai Indian. Bangsa Eropa datang dengan budaya yang lebih maju, serta dengan persenjataan yang lebih hebat, maka sia-sia lah perlawanan bangsa Indian, yang membuat mereka semakin tergusur ke pedalaman hutan dan gurun di Amerika. Bangsa Indian termasuk ras Mongoloid dengan ciri-ciri rambut hitam lurus, kulit coklat kemerah-merahan, mata hitam, tubuh tidak banyak berbulu, tulang pipi menonjol, dan wajah pada umumnya lebar.

Budaya dan bahasa orang Indian berbeda-beda antara satu kawasan dengan kawasan yang lain. Ada yang memiliki peradaban tinggi seperti yang terlihat dari peninggalan suku Aztec dan Inca dan ada pula yang memiliki budaya sangat primitif. Begitupun dalam hal bahasa, sangat beragam. Di Amerika bagian tengah dan selatan yang lazim disebut Amerika Latin terjadi percampuran darah Indian dan kulit-putih, terutama Spanyol dan Portugis, sudah berlangsung sejak ratusan tahun.
Keturunan campuran ini yang disebut mestis kini merupakan mayoritas penduduk negara-negara Amerika Tengah seperti Honduras, Nikaragua dan El Salvador. Di Amerika Selatan, negara-negara yang mayoritas penduduknya campuran Indian dan pendatang adalah : Venezuela, Colombia, Ecuador, Peru dan Bolivia.

Persenjataan Suku Indian

India terkenal dengan keahliannya menggunakan busu dan anak panah, tomahawk, berbagai pisau, dan senjata lainnya. Sejak mereka mulai mendapatkan invasi dari bangsa Eropa pada abad 16, mereka pun mulai mengenal senjata seperti senapan dan pistol.

Agama Dan Kepercayaan Suku Indian

Kegiatan penginjilan berkembang dengan baik oleh para penginjil Spanyol dan Portugis ratusan tahun yang lalu. Mayoritas keturunan Indian dan campuran di kedua wilayah ini telah memeluk agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Tetapi sebagian kecil suku Indian yang hidup terpencil masih menganut animisme.

Kesenian Suku Indian

Suku Indian dikenal dengan keterampilan dan kerajinan tangan yang khas. Mulai dari kepala sampai ujung kaki Indian, dibuat sendiri berbagai ornamen berikut pernak-perniknya yang memiliki makna-makna tertentu. Dalam film tentang Suku Indian misalnya, anda dapat melihat corak dan motif pakaian yang indah, terbuat dari bulu binatang yang ampuh mengatasi rasa dingin, dan juga hiasan kepala yang menarik. Begitupun dengan sepatu yang mereka gunakan. Anda bisa melihat bahwa sepatu orang Indian didesain dengan elegan bahkan sempat menjadi referensi dunia fashion internasional.

Referensi Saya :
  • http://aspal-putih.blogspot.com/2013/09/suku-suku-indian-yang-ada-di-amerika.html 
  • http://den-mpuh.blogspot.com/2013/06/sejarah-asal-usul-suku-indian-di-amerika.html
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Singkat Suku Indian Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Singkat Suku Indian Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya