Sejarah Perkembangan Suku Yali Di Papua

Suku Dunia ~ Secara administratif Suku Yali termasuk pada Kabupaten Yahukimo bersama suku lainnya. Suku ini menempati bagian timur pegunungan tengah. Kabupaten Yahukimo merupakan kabupaten baru hasil pemekaran dari kabupaten Jayawijaya. Nama Yahukimo mengambil dari empat nama suku besar yang bermukim di sana, yaitu suku Yali, Hubla, Kimyal, dan Momuna.


Suku-suku lainnya yang terdapat di Kabupaten Yahukimo adalah Una-Ukam, Mek, Yalimek, Ngalik, Tokuni, Obini, Karowai, Dume, Obukain, Kopkaka, dan Bese. Kabupaten Yahukimo sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Mimika, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang, dan sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Asmat dan Kabupaten Mappi.

Mata Pencaharian Suku Yali

Seperti umumnya masyarakat pegunungan tengah, suku Yali memiliki mata pencaharian sebagai oetani betatas, hom (keladi), memori, ipere (ubi) dan berburu. Makanannnya batatas, keladi, buah merah ditanam, kelapa hutan, yang kecil-kecil. Suku Yali sangat menyukai perhiasan seperti kerang-kerangan. Kepercayaan tradisional masyarakat suku Yali menyembah ular, persembahannya dengan memotong wam (babi) darahnya ditaruh di daun keladi. Dagingnya dimasak lalu dibawa ke ular. Ularnya nyilang yang muncul hanya kepalanya saja. Saat ini agama orang suku Yali adalah Kristen Protestan.

Agama Dan Kepercayaan Suku Yali

Akan tetapi ada sebagian masyarakat yang masih mempercayai kimi, kidi, tuan tanah, dan masih menganggap keramat seperti gunung. 

Pernikahan Dalam Sulu Yali

Dalam pernikahan, orang suku Yali menggunakan babi sebagai maskawin. Maskawin kecil, harga dirinya malu, tidak mampu disesuaikan, orang tua wanita memberi waktu satu tahun atau lebih. 

Kesenian Dan Pengetahuan Dalam Suku Yali

Kesenian pada masyarakat suku Yali adalah Suni, sejenis tarian sambil bernyanyi dan bergoyang, Yungguluk (dansa) dengan cara berkeliling. Dan senjata tradisional mereka adalah busur. Sistem pengetahuan masyarakat suku Yali adalah obat-obatan, yaitu gayuh, untuk obat mencret (diare) dengan cara dimasak dibelanga kemudian diminum dan yabi sebagai obat sakit badan.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Perkembangan Suku Yali Di Papua Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Perkembangan Suku Yali Di Papua Sebagai sumbernya

Sejarah Suku Lainnya